Wapres Ma’ruf Amin : Penguatan Teknologi Digital Diperlukan untuk Kejar Pertumbuhan Ekonomi

 Ekonomi

 

Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Rakornas P2DD), Selasa (3/10/2023), yang turut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Energi Sumber Daya Mineral dan Transmigrasi (TKESDMT) Provinsi Gorontalo, didampingi Kepala Biro Umum. (Foto – Zakir BPG)

JAKARTA (Tilongkabilanews.id)- Wakil Presiden KH Maruf Amin meminta agar pemerintah mengejar target pertumbuhan ekonomi di kisaran 6-7% dalam rangka menjaga momentum Indonesia Maju.

“Salah satu upaya untuk mengejar target tersebut yaitu melalui penguatan teknologi digital. Penguatan teknologi digital menuntut kesiapan di semua lini termasuk Pemerintah Daerah,” ujar Wapres Ma’ruf Amin ketika membuka Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Rakornas P2DD), Selasa (3/10/2023).

(Rakornas P2DD) berlangsung di Hotel Sahid, Jakarta tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Energi Sumber Daya Mineral dan Transmigrasi (TKESDMT) Provinsi Gorontalo Wardoyo Pongoliu mewakili mewakili Penjabat Gubernur Ismail Pakaya.

Pada kesempatan itu Wapres Ma’ruf Amin juga mengarahkan beberapa kebijakan yang relevan dan perlu ditempuh untuk memperkuat digitalisasi transaksi keuangan daerah. Diantaranya yakni agar Pemerintah Daerah meningkatkan sinergi dan kolaborasi guna mendorong peningkatan P2DD, menetapkan beberapa regulasi dalam rangka penguatan kebijakan P2DD, terus berinovasi untuk meningkatkan retribusi daerah, serta memperkuat infrastruktur dengan mengoptimalkan pemanfaatan Proyek Strategis Nasional.

Pada kesempatan tersebut diumumkan dan diberi penghargaan untuk TP2DD terbaik tahun 2023. Untuk kategori provinsi terbaik jatuh kepada Provinsi Riau, DKI Jakarta, Sulsel dan Papua Barat. Kota Terbaik diberikan kepada Tebing Tinggi, Bogor, Tarakan, Makassar dan Jayapura. Kategori kabupaten diberikan kepada Kampar, Ciamis, Kutaikartanegara, Bone Bolango dan Manokowari.

Ada juga kategori program terbaik diberikan kepada Provinsi Sulawesi Selatan, kota terbaik Makassar dan kabupaten terbaik Kutai Kartanegara. Ada juga kategori BPBD terbaik yakni Bank DKI. (Azis).

banner 468x60

Author: 

Related Posts