Untuk Pastikan Validitas dan Akurat Data Pemilih, KPU se- Provinsi Gorontalo Memandang Penting Lakukan Evaluasi Coklit

 Politik

 

Kegiatan rapat evaluasi pencocokan dan penelitian(coklit) terkait Pilkada 2024 serentak yang digelar KPU Provinsi Gorontalo, turut dihadiri anggota KPU Provinsi Gorontalo, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota, Sekretaris KPU Provinsi, Sekretaris KPU Kabupaten/Kota, Operator Sidali KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, serta PPK yang membidangi Data Pemilih se Provinsi Gorontalo.

GORONTALO (Tilongkabilanews,id)- Komimisi Pemilihan Umum (KPU) menilai pencocokan dan penelitian(coklit) dalam pelaksanaan Pemilu atau pemilihan kepala daerah (Pilkada) baik pemilihan gubernur dan wakil gubernur maupun pemilihan bupati/walikota dan wakil bupai/wakil walikota sangat penting dilakukan. Alasannya untuk memastikan bahwa setiap pemilih yang berhak dapat menggunakan hak suaranya.

‘’ Kegiatan coklit ini sangat penting untuk dievaluasi terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk memastikan data pemilih yang valid dan akurat, sehingga tidak ada kekeliruan terhadap data pemilih tersebut. Kamai menilai proses coklit ini sangat krusial untuk memastikan bahwa setiap pemilih yang berhak dapat menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi lima tahunan, seperti Pilkada 2024 yang akan digelar di Provinsi, Kabupaten dan Kota Gorontalo,” ujar Anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos saat menghadiri rapat evaluasi coklit yang diselenggarakan KPU Provinsi Gorontalo, baru-baru ini di Kota Gorontalo.

Di Provinsi Gorontalo sendiri beberapa bulan ke depan akan digelar Pilkada 2024 serentak dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati  serta Walikota dan Wakil Walikota se Provinsi Gorontalo.

KPU Provinsi Gorontalo, memandang perlu melakukan coklit tersebut untuk mengetahui sejauhmana validitas atau kebenaran data pemilih yang berhak menyalurkan suara aspirasi politiknya di provinsi tersebut.

Pada kesempatan itu, Betty  menekankan bahwa partisipasi masyarakat dalam Coklit sangat mempengaruhi kualitas data pemilih.  Untuk itu, Betty pun sangat berharap  kepada pihak, salah satunya KPU Kabupaten Gorontalo dapat terus meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyukseskan proses coklit.

Sementara pada  rapat evaluasi coklit tersebut, KPU Kabupaten/Kota melaporkan perkembangan terbaru dari proses coklit yang telah dilakukan di wilayahnya. Mereka juga menyampaikan berbagai langkah yang telah diambil untuk memastikan data pemilih tetap akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah menerima laporan kinerja terhadap kegiatan coklit yang disampaikan pihak KPU Kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo, Bettu memberikan apresiasi terhadap kerja keras semua pihak yang terlibat dalam proses coklit.

“Saya sangat mengapresiasi dedikasi dan kerja keras teman-teman di KPU se Provinsi Gorontalo. Semoga upaya kita bersama ini dapat menghasilkan data pemilih yang berkualitas dan Pilkada 2024 yang sukses,” pungkas Betty.

Pada  evaluasi coklit tersebut turut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk anggota KPU Provinsi Gorontalo, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota, Sekretaris KPU Provinsi, Sekretaris KPU Kabupaten/Kota, Operator Sidali KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, serta PPK yang membidangi Data Pemilih se Provinsi Gorontalo. (Viona)

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts