Melalui Kegiatan Sosialisasi,KPU Kabgor Berikan Informasi Seputar Tahapan dan Proses Pilkada Serentak 2024

 Politik

 

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id)- KPU Kabupaten Gorontalo (kabgor) pada 27 November 2024 bakal menggelar Pilkada serentak, baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo. Terkait akan digelarnya  hajatan  pemilihan kepala daerah , KPU Kabgor selaku penyelenggara pesta demokrasi tersebut mengadakan kegiatan sosialiasi terlebih dahulu di beberapa wilayah di kabupaten setempat. Kegiatan sosialiasi itu dilakukan KPU bertujuan untuk memberikan informasi menyeluruh mengenai tahapan dan proses Pilkada yang akan dilaksanakan 27 November 2024/

Untuk menyampaikan informasi seputar tahapan dan proses Pilkada itu seperti yang dilaksanakan KPU Kabgor di Lapangan Karya Isimu, Kecamatan Tibawa selama dua hari,yaitu 16 dan 17 September 2024 dengan meriah. Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota PPK dan PPS dari seluruh wilayah Kabupaten Gorontalo.

‘’Provinsi Gorontalo saat ini berada di peringkat kedua dalam hal partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 dan menargetkan untuk melampaui Papua yang berada di peringkat pertama pada Pilkada kali ini,’’ujar. Plt Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Risan Pakaya  ketika secara resmi membuka acara kegiatan sosialiasi mengenai tahapan dan proses Pilkada yang diadakan KPU Kabgor, di Lapangan Karya Isimu, Kecamatan Tibawa,Kabgor.

Sementara Plt Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Windarto Bahua  menegaskan,  kegiatan sosialisasi ini lebih dari sekadar seremonial. Karena itu  acara ini berfungsi sebagai wadah untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada 2024, khususnya mengenai pencalonan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo.

‘’Adapun mengenai proses verifikasi berkas bakal calon sudah dilakukan dan saat ini KPU Kabgor telah membuka kesempatan untuk tanggapan masyarakat,’’ucap Windarto/

Selain sosialisasi tahapan pencalonan, Windarto menyebutkan KPU Kabupaten Gorontalo juga akan melaksanakan sejumlah tahapan penting lainnya. Ini termasuk perekrutan KPPS, penetapan daftar pemilih tetap (DPT), penetapan bakal pasangan calon (Bapaslon), pengundian nomor urut, dan jadwal kampanye.

‘’Tujuannya  untuk memastikan transparansi dan partisipasi aktif masyarakat dalam setiap langkah Pilkada,’’tegas Windarto.

Melalui acara ini, KPU Kabupaten Gorontalo berharap seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai tahapan Pilkada 2024 dan termotivasi untuk menggunakan hak pilih mereka secara maksimal. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya besar untuk mendorong demokrasi yang lebih inklusif dan partisipatif di Kabupaten Gorontalo. (Azis)

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts