Nelson Sebut Olahraga Panahan, Salah Satu Olahraga Tradisional yang Perlu Dikembangkan di Gorontalo

 Olahraga

 

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo membuka Turnamen Panahan Tradisional Se-Suluttenggo. Turnamen panahan tradisional itu Se- Suluttenggo tersebut dipusatkan di Kabupaten Gorontalo, Sabtu,(30/9/2023) tepatnya, di Lapangan Sport Center Limboto.

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) –Bupati Gorontalo, Nelson menyebutkan, olah raga panahan salah satu olah raga tradisional perlu dikembangkan. Pasalnya olah raga panahan ini, selain olah raga yang menjadi bagian sunah Nabi Muhammad SAW, juga dapat membangkitkan silaturahim.

Pernyataan itu disampaikan Nelson saat membuka resmi Archery Tournament Panahan se-Suluttenggo yang dipusatkan di Kabupaten Gorontalo, Sabtu,(30/9/2023), di Lapangan Sport Center Limboto.

“Saya bergembira karena yang datang peserta turnamen ini dari berbagai daerah, antara lain Sulawesi Utara,Sulawesi Tengah dan juga peserta Gorontalo. kita berharap ini menjadi penyemangat berkembangnya olahraga panahan tradisonal khususnya di Gorontalo,” ujar Bupati Nelson dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Gorontalo dua priode itu berharap, kedepan Pemerintah Kabupaten Gorontalo perlu mendukungnya perkembangan olah raga tradional panahan dengan baik. Tujuanya olah raga panahan ini agar  perkembangan terarah dan memiliki prestasi.

“Selain itu,kita lakukan event-event turnamen panahan ini tidak sekedar diperuntukan bagi atlet dari Suluttenggo, bahkan  tingkat nasional. Karena itu saya berharap banyak kepada  semua pihak atas dukungannya tehadap perkembangan panahan tradisional ini,” pinta Nelson.

Nelson mengatakan, wadahnya sudah ada. Karena itu lokasinya perlu disiapkan. Adapun sementara ini pusat olahraga ada di Kelurahan Bongohulawa,  yaitu lahannya diperkirakan kurang lebih ada 90 hektar.

‘’ Nanti kita berikan mana yang terbaik agar supaya olahraga panahan ini tidak sekedar disini, tapi ditempat lain,’’ ucap Nelson.

Sekedar informasi kegiatan turnamen itu dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Daerah Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia, (Ferpati), Provinsi Gorontalo.

Sementara itu,Ketua Ferpati Provinsi Gorontalo, Adnan Entenggo, menyampaikan terim kasih atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo, dalam hal ini Bupati Nelson Pomalingo.

“Mudah-mudahan dengan dukungan Pemerintah Daerah, olahraga panahan ini lebih tersiar lagi di Gorontalo dan lebih banyak peminatnya. Ini momen pengurus baru karena pesertanya terbesar 240 orang se-SulutTenggo, luar biasa antusias, mudah-mudah lebih membumi,” tandasnya.(Rg).

banner 468x60

Author: 

Related Posts