Sebanyak 50.431 KPM di Kabgor Berhak Dapatkan Bantun Beras CPP

 Daerah

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Jum’at (29/9/2023) secara simbolis menyalurkan bantuan beras Program CPP kepada salah satu KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Para KPM di Kabupaten Gorontalo ini terbanyak jumlahnya dibandingkan daerah kabupaten lain maupun kota di Provinsi Gorontalo.

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id)– Sebanyak 50.431 KPM(Keluarga Penerima Manfaat) di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) berhak mendapatkan bantuan beras Program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). Adapun CPP yang disalurkan Pemerintah Kabupaten( Pemkab) Gorontalo itu, yaitu untuk bulan September, Oktober dan November. Penyaluran bantuan beras program CPP tersebut secara simbolis dilakukan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Jum’at (29/9/2023).

‘’Penyaluran bantuan beras Program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), Kabupaten Gorontalo terbanyak se-Provinsi Gorontalo. Kenapa terbanyak,karena jumlah penduduk di Kabupaten Gorontalo ini paling banyak, jika dibandingkan daerah lainnya yang ada di Provinsi Gorontalo,’ujar Nelson saat menyerahkan bantuan CPP tersebut.

Menurut Nelson lebih lanjut banyaknya jumlah KPM yang menerima bantuan CPP ini, bukan karena miskin terbanyak di Kabupaten Gorontalo, tapi karena memang jumlah penduduknya terbanyak di Provinsi Gorontalo.

Nelson mengungkapkan, banyaknya penerima bantuan beras program CPP ini karena pendataan terkait KPM di Kabupaten Gorontalo dinilai baik oleh pemerintah pusat.  Hal ini tidak terlepas dari peran  para kepala desa (Kades) di Kabupaten Gorontalo dalam menginput atau memasukan data  kependudukan yang berkaitan dengan KPM dengan baik, sehingga pemerintah pusat pun melihat data itu baik

“Saya apresiasi dan sampaikan terima kasih kepada para Kades yang telah bekerja keras dalam melakukan pendataan KPM dengan baik dan benar,”ucap Nelson.

Pada kesempatan itu, Nelson menyampaikan harapannya, agar bantuan beras program CPP ini dapat memenuhi kebutuhan rakyat. Apalagi dalam situasi musim kemarau dan kekeringan seperti sekarang ini, kebutuhan bahan makanan menjadi yang paling utama.

“Untuk itu, saya sudah Instruksikan kepada semua pimpinan OPD agar bantuan sosial  segera disalurkan,mengingat kebutuhan bahan makanan di musim kekeringan seperti yang terjadi sekarang ini diutamakan,” tegas Nelson.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Gusti Tomayahu menjelaskan, jumlah  penerima bantuan CPP bantuan kurang lebih 50.431 KPM tersebut tersebar di 19 kecamatan, 205 desa dan kelurahan.

‘’ Untuk tahap ini penyaluran CPP sesuai data yang ada yaitu 48.631 KPM  yang berhak menerima. Adapun turunnya jumlah KPM yang berhak penerima CPP itu, dikarenakan datanya sudah ada yang pindah dan meninggal. Rata-rata Pemerintah Kabupaten/Kota di kurangi kurang lebih 1000 KPM, dengan alasan, sudah ada yang meninggal dan pindah, namun demikan Kabupaten Gorontalo tetap terbanyak se-Provinsi Gorontalo,’’imbuh Gusti.

Gusti menambahkan, para KPM tersebut akan mendapatkan 10 kg beras, selama tiga bulan,yakni  September, Oktober dan November. (Rg).

banner 468x60

Author: 

Related Posts