Kunker ke BLK Limboto, Wamenaker RI Dorong SDM di Gorontalo Miliki Kompetensi dan Keterampilan

 Nasional

Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor didampingi Penjabat Gubernur Ismail Pakaya dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, saat melakukan peninjauan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Limboto dalam rangka kunjungan kerjannya di Provinsi Gorontalo, Rabu (24/1/2024). Foto – Milla

KABGOR(Tilongkabilanews.id)– Wakil Menteri Ketenagakerjaan(Wamenaker) RI Afriansyah Noor mengatakan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) harus diimbangi dengan memberikan tempat pelatihan yang nyaman.

‘’Kementerian Tenaga Kerja mendorong pemerintah kabupaten maupun provinsi  dapat membantu pembangunan gedung balai latihan kerja yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di daerah,’’ujar Wamenaker, Afriansyah Noor ketika melakukan peninjauan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Limboto dalam rangka kunjungan kerjannya (Kunker) di Provinsi Gorontalo, Rabu (24/1/2024).

Lanjut Afriansyah, BLK Limboto ini sebanarnya area bagus dan tanahnya pun luas. Tetapi gedung BLK tersebut perlu difasilitasi supaya lebih baik untuk digunakan dalam memberikan pelatihan yang nyaman.

‘’Kalau fasilitas Insya Allah kami bantu, tapi gedungnya saya harap dari Pemkab Gorontalo bisa menyisihkan anggaran,” tutur Afriansyah.

Selebihnya, Wamenaker RI mendorong agar SDM di Gorontalo lebih memiliki kompetensi dan keterampilan. Hal ini melihat angka kemiskinan di Gorontalo 15 persen dan angka pengangguran 1,8 persen. Meskipun angka pengagguran ini terbilang rendah, namun dilihat kembali indeks rata-rata angka kemiskinan dihitung dari jumlah pengangguran.

“Setiap kali saya kunjungan kerja, saya selalu menghimbau pemerintah daerahnya agar kita membangun sumber daya manusia dengan pelatihan-pelatihan. Jangan hanya memikirkan infrastruktur tapi harus sejalan dengan pembangunan SDM,” ujar Afriansyah.

UPTD BLK Limboto dibangun sejak tahun 2009. Empat bidang yang dikembangkan pada balai tersebut diantaranya pelatihan design grafis, pengelasan Smaw 3G, menjahit pakaian wanita dan menjahit pakaian pria.

Pada peninjauan tersebut, Wamenaker didampingi Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Turut hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo Wardoyo Pongoliu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Kepala BPS Provinsi Gorontalo, beserta unsur Forkopimda. (Azis).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts