Untuk Kembangkan UKM, Kabgor Terpilih Salah Satu Daerah yang Dapat Fasilitas  Pembangunan Gedung PLUT-

 Ekonomi

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo melakukan peletakan pembangunan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu dan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM). Pembangunan gedung tersebut sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Koperasi dan UKM RI tahun 2024.

LIMBOTO (Tilongkabilanews.id)- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo untuk membangun gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu dan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM).

Adapun alasan dibangunnya gedung pusat layanan usaha terpadu tersebut, yaitu untuk mendukung berkembangnya UKM (Usaha Kecil dan Menengah di seluruh Indonesia, salah satunya di Kabupaten Gorontalo (Kabgor).

‘’Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu dari tujuh daerah yang terpilih untuk mendapatkan fasilitas pembangunan gedung PLUT-KUMKM,’’ujar  Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Gorontalo, Arifin Suaib saat peletakan batu pertama pembangunan gedung PLUT- KUMKM  tersebut, baru-baru ini.

Arifin Suaib, menjelaskan  pembangunan gedung itu sumber dananya diperoleh dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Koperasi dan UKM RI tahun 2024.

‘’Tujuan dibangunnya gedung PLUT-KUMKM ini untuk menjalankan fungsi utama pendampingan, pembimbingan, serta pelatihan UKM sehingga diharapkan menjadi pusat rujukan dan referensi pembinaan  UKM,’’jelas Arifin.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam sambutannya menyampaikan  terima  kasih kepada Kementerian  Koperasi atas pembangunan gedung tersebut. la menekankan  pentingnya gedung ini untuk memberikan layanan komprehensif dan terpadu bagi pengembangan  usaha di Kabupaten Gorontalo.

“Tujuannya banyak, diantaranya meningkatkan kualitas kelembagaan  koperasi dan UMKM, meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), serta meningkatkan produksi dan produktivitas usaha koperasi dan UMKM,’’ jelas Bupati Nelson.

Nelson juga mengungkapkan, masyarakat dapat memperoleh  berbagai layanan di Pusat Layanan Usaha Terpadu tersebut, mulai dari konsultasi bisnis hingga pelatihan  bisnis.

“Banyak yang bisa didapatkan, seperti konsultasi bisnis, pendampingan, pemberian fasilitas akses pembiayaan, networking, layanan pustaka entrepreneur, dan pelatihan  bisnis,” sebut Nelson

Pada kesempatan itu Nelson mengingatkan seluruh pihak terkait dan kontraktor untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan  gedung ini dengan baik.

“Mengingat pentingnya gedung ini bagi masyarakat, saya ingatkan kepada seluruh pihak terkait kontraktor agar melaksanakan pekerjaan ini dengan baik, sesuai spesifikasi, dan tepat waktu. Jika ingin cepat dan hasilnya baik, maka ketersediaan  bahan dan tenaga kerja harus diperhatikan, tetapi yang paling utama adalah kualitasnya” tandas Bupati Nelson.

Dia menambahkan, dengan adanya pembangunan gedung PLUT-KUMKM ini, diharapkan  Kabupaten Gorontalo dapat lebih maju dalam mendukung  dan mengembangkan UKM, sehingga berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat. (Rg).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts