Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemkab Gorontalo Jalin Kerjasama dengan BPKP dan Bank SulutGo

 Ekonomi

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Direktur Umum Bank SulutGo Joubert Dondokambey dan Plh Kepala BPKP Provinsi Gorontalo Agung Ragil Pujono melakukan penandatanganan naskah kerjasama dalam rangka meningkatkan pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Sabtu, (22/07/2023).

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id)–Guna meningkatkan pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan (BPKP) Provinsi Gorontalo dan PT. Bank Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo). Adapun kerjasama itu sendiri , yaitu memanfaatkan Aplikasi Kas Daerah Secara Online yang terintegrasi dengan Financial Management Information System (FMIS/SIMDA) Next Generation.

Kegiatan tersebut diintegrasikan dengan perjanjian kerjasama penempatan rekening Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pelaksanaan transaksi non Tunai di lingkungan Pemab Gorontalo.

Selain itu dilakukan juga addendum perjanjian kerjasama antara Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo dengan PT Bank SulutGo Cabang Limboto tentang Layanan Penyaluran Bantuan Program READSI. Demikian juga dilakukan perjanjian kerjasama antara Pemkab Gorontalo dengan PT Bank SulutGo Cabang Limboto tentang penempatan Deposito.

Jalinan kerjasama tersebut ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Direktur Umum Bank SulutGo, Joubert Dondokambey dan Plh Kepala BPKP Provinsi Gorontalo Agung Ragil Pujono, Sabtu, (22/7/2023).

‘’Saya selaku Bupati Gorontalo mengapresiasi BPKP yang selalu memberikan pendampingan kepada Pemkab Gorontalo, sehingga bisa meraih kembali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-13 kali,’’ujar Nelson dalam sambutannya.

Kata Nelson lebih lanjut,kerjasama yang sudah terjalin selama ini dapat ditingkatkan lagi. Dengan Cash Management System (CMS) oleh Bank SulutGo dan FMIS melalui BPKP diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas pengelolaan keuangannya.

“Saya berharap, kerjasama yang telah dijalani selama ini dapat ditingkatkan sehingga pengelolaan keuangan Pemkab Gorontalo terus semakin baik,” tutur Nelson.

Sementara itu, Plh Kepala BPKP Provinsi Gorontalo, Agung Ragil Pujono, mengatakan dengan Aplikasi FMIS  diharapkan akuntabilitas pengelolaan keuangan Pemda  semakin meningkat.

 “Melalui aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, efisiensi dan kualitas pengelolaan keuangan Pemkab dengan lahirnya Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan,” ujarnya.

Direktur Umum Bank SulutGo, Joubert Dondokambey, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Gorontalo yang terus mempercayakan Bank SulutGo sebagai mitra.

“Aplikasi FMIS/SIMDA Next Generation oleh BPKP dapat berperan dalam kualitas pengelolaan keuangan daerah Pemkab Gorontalo,” tutur Joubert.(Rg).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.