Pemprov Gorontalo dalam RKPD Tahun 2024 Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Sebesar 5,86 Persen

 Ekonomi

 

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat memberikan sambutan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi Gorontalo tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Senin (10/4/2023). (Foto – Fikry)

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)- Pemerintah Provinsi Gorontalo menargetkan , laju pertumbuhan ekonomi  tahun 2024 mendatang sebesar 5,86 persen. Target pertumbuhan ekonomi sebesar itu merupakan salah satu dari  enam target pembangunan daerah yang tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) provinsi setempat tahun 2024 yang telah ditetapkan.

Hal  itu disampaikan Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi Gorontalo tahun 2024  di Kota Gorontalo, Senin (10/4/2023).

‘’ Laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,86 persen itu merupakan salah satu dari enam target pembangunan daerah yang tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Gorontalo  tahun 2024,’’ujar Penjagub Hamka.

Lebih lanjut Hamka menyebutkan, target kedua yang tercantum dalam RKPD 2024, yaitu peningkatan indeks pembagunan manusia dapat mencapai 72,03 persen. Ketiga, kemiskinan diturunkan mencapai kisaran 15,05 persen. Keempat, tingkat pengangguran terbuka diturunkan hingga mencapai kisaran 2,40 persen. Kelima rasio ketimpangan ditekan hingga mencapai kisaran 0,40 poin. Keenam atau yang terakhir adalah inflasi diturunkan kisaran 3,81 persen – 2,25 persen.

“Perlu juga saya sampaikan bahwa, tahun ini merupakan tahun pertama pelaksanaan RPD 2023-2026, dan ditahun ini pula genap setahun masa kepemimpinan saya sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo yang dilantik pada 12 Mei 2022,” kata Hamka.

Menurut Hamka, untuk mewujudkan seluruh target pembangunan tersebut, ada beberapa hal yang harus diwujudkan pada pembangunan di tahun 2024 nanti. Diantaranya yaitu, melakukan percepatan dan fokus dalam mengalokasikan anggaran daerah pada sektor-sektor prioritas, mendorong peningkatan pendapatan daerah dalam mewujudkan kemandirian fiskal, terkahir diharapkan pemerintah Kabupaten/Kota agar menguatkan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada perencanaan pembangunan.

Pada kesempatan itu, Hamka menyampaikan harapannya, agar semua pemangku kepentingan untuk memanfaatkan tahapan perencanaan yang ada ini dengan sebaik-baiknya, melalui sinergi program provinsi dan kabupaten/kota untuk pembangunan yang lebih komprehensif.

Atas nama Pemprov Gorontalo, Hamka juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat atas dukungan bantuan anggaran terhadap pembangunan di Provinsi Gorontalo selama ini.

“ Mari juga kita wujudkan arahan bapak Presiden untuk tahun 2024, pemerintah daerah diminta fokus pada pengendalian inflasi, penurunan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, percepatan penurunan izin investasi, serta menjaga keamanan daerah jelang Pemilu dan Pilkada serentak,” tutupnya

Turut memberikan paparan secara langsung pada Musrengbang itu Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan Amich Al Humami dan Menteri Dalam Negeri yang diwakili Dirjen Bina Pembangunan Daerah Restuaroy Daud, yang memberikan materi secara virtual.(Uci).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.