Pemkab Gorontalo dan UNG Kerjasama Penelitian Tanaman Sacha Inchi untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

 Ekonomi

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gorontalo. Sumanti Maku meresmikan Greenhouse Pembibitan dan Sentra Pengelolaan Tanaman Sacha lnchi di Desa Tabongo Timur, Kamis (26/9/2024).

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dan Universotas Negen Gorontalo (UNG) menjalin kerjasama pengelolaan tanaman Sacha lnchi. Kerjasarna ini dilakukan  bukan hanya soal pengelolaan tanaman Sacha lnchi semata, tetapi dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Keseriusan kerjasama dalam pengelolaan tanaman Sacha lnchi itu sendiri dibuktikan dengan diresmikannya Greenhouse Pembibitan dan Sentra Pengelolaan Tanaman Sacha lnchi di Desa Tabongo Timur, Kamis (26/9/2024) oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gorontalo. Sumanti Maku.

Peresmian ini bertepatan dengan peringatan HUT Desa Tabongo Timur ke-144. Dalam kegiatan ini dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan Universotas Negen Gorontalo (UNG) .

‘’Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, pengusaha, dan perguruan tinggo menjadi sebuah kunci untuk memajukan pembangunan daerah,’’kata Sumanti

Menurut Sumanti, sejak terpilihnya Nelson Pomalingo sebagai Bupati Gorontalo, konsep pemerintahan berbasis ilmu pengetahuan telah menjadi dasar dalam berbagai kebijakan.

‘’Sejak awal, pemerintahan Kabupaten Gorontalo telah didesain berbasis riset. Apa yang dilaksanakan pemerintah, termasuk pengelolaan tanaman Sacha lnchi. berlandaskan pada penelitian yang diinisiasi oleh UNG.” ujar Sumanti.

Karena itu,Sumanti berharap penelitian tentang tanaman Sacha lnchi diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal, khususnya di Desa Tabongo Timur. Dengan menghadirkan inovasi berbasis riset, pemerintah daerah berharap masalah kemiskinan dapat diatasi dengan lebih efektif.

‘Tanarnan Sacha lnchi diharapkan menjadi komoditas yang mampu memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat dan mendukung stabilitas pemerintahan yang lebih baik,” jelasnya.

Selain itu, Sumanti mengucapkan terima kasih kepada UNG atas dukungan  sumber daya dan keahlian yang diberikan dalam program ini. la menilai. kerjasama tersebut akan mempercepat pencapaian berbagai program pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

‘’Dengan adanya sentra pengelolaan dan pembibitan ini, diharapkan Desa Tabongo Timur dapat menjadi pusat pengembangan tanaman Sacha lnchi, yang tidak hanya berdampak pada ekonomi desa tetapi juga bagi perekonomian Kabupaten Gorontalo secara keseluruhan,’’pungkas Sumanti. (Rg)

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts