Kemendag Fokus Dorong Ekspansi Perdagangan Menuju Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan

 Ekonomi

 

Mendag Zulkifli Hasan pada Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Semarang, Jawa Tengah

SEMARANG(Tilongkabilanews.id) —Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, Kementerian Perdagangan fokus mendorong ekspansi perdagangan menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

‘’Ekspansi perdagangan penting dilakukan untuk memperkuat pondasi transformasi yang dicanangkan,’’ujar Mendag Zulkifli Hasan  yang akrab dipanggil Zulhas pada Rapat Kerja Kementerian Perdagangan  di Semarang, Jawa Tengah seperti yang disampaikan dalam siaran persnya yang diterima Redaksi Tilongkabilanews.id, Rabu (21/2/2024).

Lanjut Zulhasm ekspansi perdagangan diwujudkan melalui penguatan pasar dalam negeri, transformasi struktur ekspor Indonesia menjadi berbasis manufaktur dan berteknologi tinggi, serta tata kelola perdagangan yang baik dan peningkatan sumber daya manusia.

 Pada kesempatan itu juga Mendag Zulhas juga menyampaikan, Rapat Kerja tahun 2024 di Semarang ini adalah forum strategis dan forum evaluasi bagi kinerja perdagangan periode pemerintahan 2019-2024.

Rapat Kerja kali ini  juga tambah Zulhas sekaligus menjadi titik awal untuk mempersiapkan program kerja dan transisi keberlanjutan sektor perdagangan pada pemerintahan berikutnya.

Mendag Zulhas pun berpesan tiga hal kepada para pegawai Kemendag. Ketiga hal tersebut meliputi revitalisasi pasar rakyat, keberpihakan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan penguatan perwakilan perdagangan di luar negeri. “Saya berpesan dan menitipkan tiga hal, yaitu revitalisasi pasar rakyat, kemitraan yang melibatkan UMKM, serta penguatan atase-atase perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC). Kolaborasi menjadi kata kunci. Mudah-mudahan kolaborasi yang telah kita tunjukkan akan menghasilkan sesuatu yang baik,” imbuh Mendag Zulhas. (Lili).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts