Kado Istimewa HUT ke-72 Sido Muncul dengan Menempati Kantor Baru

 Ekonomi

Direktur PT Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat memotong tumpeng pada perayaan HUT ke-72 Sido Muncul, Sabtu (11/11/2023)/foto: istmw

 

JAKARTA (Tilongkabilanews.id)-Ada yang istimewa pada perayaan HUT ke-72, PT Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, yaitu menempati kantor baru di Jalan Cipete Raya nomer 77-78, Jakarta Selatan, Sabtu (11/11/2023). Bangunan megah berlantai lima plus Mezania tersebut tidak hanya akan menjadi kantor pemasaran tetapi sekaligus juga sebagai kantor corporate strategic dan development.

“Kalau dulu kantor lama lebih kepada tugas sebagai marketing, pemasaran, maka kantor baru ini saya bercita-cita menjadi pusat kegiatan branding perusahaan. Kita menyebutnya sebagai strategic, branding dan development, jadi bukan sekadar marketing,” kata Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, seperti dikutip dari menara62.com

Karena menjadi pusat branding maka nantinya yang berkumpul di kantor ini adalah mereka orang-orang yang bertugas membranding perusahaan. Tugas utamanya adalah membangun perspesi yang baik tentang perusahaan dan produk yang dikeluarkan.

Irwan mengakui kegiatan branding yang baik telah membuat Sido Muncul sampai kepada tangga pencapaian yang tinggi seperti sekarang ini. “Kita pabrik jamu tetapi bisa lebih hebat dari farmasi. Ini karena strategi membangun persepsi kita berhasil,” tambahnya.

Dengan diresmikannya kantor baru tersebut, Irwan juga mendorong setiap karyawannya untuk lebih banyak menghasilkan ide-ide kreatif dalam membranding perusahaan. Dari ide-ide kreatif ini nantinya akan menghasilkan inovasi-inovasi baru sehingga Sido Muncul bisa terus berada di atas competitor

“Kalian semua harus lebih kreatif, karena dengan kreativitas akan menghasilkan inovasi. Tentunya inovasi-inovasi baru yang tidak terpikirkan oleh kompetitor,” tambahnya.

Kreativitas kata Irwan juga melatih diri untuk berpikir kritis. Tanpa kreativitas, maka bisnis akan mudah ketinggalan jaman. “Kalian harus lakukan dengan tujuan yang baik. Karena bisnis dengan dilandasi niat baik hasilnya akan bermanfaat baik bagi diri sendiri juga untuk orang lain,” tegasnya. Saya, keluarga, dan seluruh karyawan bersyukur kepada Tuhan karena Sido Muncul terus tumbuh berkembang hingga memiliki kantor baru saat ini. Diharapkan kita semua memiliki motivasi dan semangat yang tinggi memberikan dampak positif peningkatan produktivitas,” ungkapnya.

Menurut Irwan, kreativitas dan inovasi merupakan dua aspek yang paling penting dalam meningkatkan kesuksesan dan dapat memberikan ide-ide segar bagi kemajuan dunia industri. “Saya pesan sama anak, dan karyawan kalau mereka harus bekerja dengan sebaik-baiknya, kreatif dan inovatif. Mereka harus mencintai pekerjaan yang dikerjakannya,” tuturnya.

Mengenai perkembangan teknologi yang kian canggih, Irwan menganggap bahwa teknologi hanyalah pendamping, tetapi yang utama dalam kesuksesan bisnis adalah niat, produk, dan komunikasi yang baik. “Kalau produk baik, komunikasi bener, niatannya baik, mau teknologi apa saja, sama saja. Teknologi itu cuma pendamping. Yang penting niat baik. Saya berbisnis itu pakai akal budi karena akal budi adalah rahmat Tuhan,” ujarnya.

Terkait kreativitas, Irwan mencontohkan bagaimana perayaan HUT ke-72 Sido Muncul yang digelar  penuh dengan ide-ide kreatif. Mengambil tema Unity in Diversity, menurut Irwan adalah ide yang sangat kreatif di tengah suasana Indonesia menjelang pesta demokrasi tahun 2024.

“Tema ini mengingatkan kepada kita semua bahwa Indonesia sangat kaya dan indah, tidak hanya alamnya tetapi juga budayanya. Kalau kita ke Eropa misalnya, jenis makanan yang kita jumpai itu-itu saja. Tapi coba kalau di Indonesia, semua daerah memiliki kuliner khas. Soto saja jenisnya ada ratusan. Belum lagi cara berpakaiannya, tariannya,” kata Irwan.

Kekayaan yang beragam tersebut menurut Irwan harus terus dijaga dan dilestarikan. Jangan sampai beda pilihan pada pesta demokrasi akan membuat Indonesia menjadi terpecah belah. “Mari cintai negeri ini dengan memelihara kerukunan,” tandasnya.

Puncak HUT ke-72 Sido Muncul dimeriahkan dengan penampilan seluruh karyawan dengan menampilkan ide-ide kreatif dari berbagai daerah. Mereka terbagi dalam kelompok usia 50-an, 40-an, 30-an dan 20-an. Masing-masing kelompok usia tersebut menghadirkan jenis performance berbeda termasuk pakaian adat yang dikenakan.

Kelompok usia 50 tahun menampilkan budaya Jawa Tengah yang merupakan lokasi pabrik PT Sido Muncul di Semarang. Kelompok usia 40 tahun menampilkan budaya Indonesia Timur, kelompok usia 30 tahun menampilkan budaya Aceh dan kelompok usia 20 tahun menampilkan budaya Betawi.(kuz)

banner 468x60

Related Posts