Jelang Idul Adha, Nelson Bersama Forkopimda Kabgor  Pastikan Stok Pangan Aman

 Ekonomi

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kabupaten Gorontalo (Kabgor) mengecek langsung stok sembako dengan mendatangi ke sejumlah pasar yang ada di kabupaten tersebut, Selasa (6/6/2023) untuk memastikan stok pangan dalam kondisi aman.

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kabupaten Gorontalo (Kabgor) mengecek langsung  stok sembako dengan mendatangi ke sejumlah pasar yang ada di kabupaten tersebut, Selasa (6/6/2023). Hal ini dilakukan orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo tersebut untuk memastikan stok pangan dalam kondisi aman menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/ 2023.

‘’Peninjuan langsung ke pasar ini, saya lakukan untuk mengetahui  berapa besar inflasi yang terjadi di Kabupaten Gorontalo ini, terkait  adanya kenaikan maupun penurunan harga sembako menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah,’’ujar Nelson.

Setelah dilakukan pengecekan secara langsung ke pasar, kata Nelson  ada dua  komoditi pangan yang harganya mengalami kenaikan, yaitu sayuran ikan laut.

‘’Terjadinya kenaikan pada ikan laut, dikarenakan sekarang ini kondisi cuaca ekstrim, yaitu terjadinya angin kencang, sehingga nelayan pun menemui kendala dalam melakukan penangkapan ikan,”terang Nelson.

Sehubungan meroketnya harga jual ikan laut, Nelson pun menyarakan agar masyarakat bisa memilih alternatif, yaitu membeli ikan danau. “Kita Alhamdulillah, punya danau dan juga peternakan yang harganya masih stabil., Sementara  saat ini telur ayam  harganya turun,’’tutur mantan Rektor UNG ini .

Terkait kenaikan harga  komoditi sayuran, tambah Nelson,pihaknya mendorong para petani untuk meningkatkan hasil produksinya, sehingga harganya pun bisa stabil kembali atau bahkan turun.

Nelson menambahkan, mengenai stok beras dan jagung saat ini berada dalam kondisi aman, karena ada masyarakat yang mulai panen. ‘’Kita patut bersyukur, stok pangan seperti beras dan jagung masih aman dan harganya pun stabil. Karena  harga komoditi pangan utama ini mempengaruhi  terjadinya inflasi,’’ tandas Nelson. (Rg).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.