Industri Kreatif Miliki Potensi Ekonomi Besar, Kemendag Buka Akses Pasar dan Promosi Gim Indonesia

 Ekonomi

 

Bertepatan dengan Hari Gim Indonesia, 8.8, Kementerian Perdagangan bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Hukum dan HAM, dan KPAI, menyelanggarakan kegiatan AYO HARGAI (Hari Gim Indonesia) di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (8/8/2024)

JAKARTA (Tilongkabilanews.id) – Industri kreatit merupakan , salah satu sector industri yang memiliki potensi ekonomi yang besar baik di Indonesia maupun global. Bahkan Indonesia sendiri saat ini menempati peringkat ke-16 untuk pasar game dunia.

‘’Pasar gim global akan terus tumbuh secara signifikan. Pada 2023 pasar gim global sudah mencapai 228 miliar Dolar AS, dan tahun ini diproyeksikan dapat menyentuh pendapatan sebesar  367 miliar Dolar AS,’’ujar Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa, Rifan Ardianto pada kegiatan penyelenggaraan kegiatan AYO HARGAI (Hari Gim Indonesia) yang bertepatan dengan Hari Gim Indonesia jatuh pada 8 Agustus, di di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (8/8/2024).

Sementara kegiatan Hari Gim Indonesia, 8.8 itu sendiri diselenggarakan secara bersama-sama beberapa kementerian dan lembaga pemerintah, yaitu Kementerian Perdagangan bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Hukum dan HAM, dan KPAI.

Lanjut Rifan, sesuai dengan Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional (Perpres 19/2024), amanat yang diberikan kepada Kemendag adalah mendorong Peningkatan Promosi dan Pembukaan Akses Pasar Gim Nasional melalui dua kegiatan, yaitu penyediaan captive market bagi produk gim nasional dan sinergi promosi dengan niaga elektronik (e-commerce) Indonesia.

Pada kampanye AYO HARGAI 2024, telah terpilih delapan gim lokal karya developer lokal yang akan dibantu untuk dipromosikan agar masyarakat mengenal dan memainkan gim lokal.  

‘’Adapun delapan game yang diberi apresiasi dan dukungan promosi adalah sebagai berikut: (1) Paw Rumble (Nuon Games), (2) Lokapala (Anantarupa Studios), (3) Epic Conquest (Gaco Games), (4) Marbel TK Paud (Educa Studio), (5) Selera Nusantara (Gambir Game Studio), (6) Warteg Gelora (MEGAXUS), (7) Dadoo (Algorocks), dan (8) Where is My Cat (SLAB Games),’’sebut Rifan.
Kedelapan lokal ini,jelas Rifan akan dibantu promosinya melalui berbagai channel seperti platform e-commerce, jaringan ritel modern, serta platform penyedia layanan distribusi digital. Selain itu, Kementerian Perdagangan akan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan event-event yang dapat membantu mempromosikan Gim Lokal.

”Kami mengapresiasi sebesar-besarnya atas dukungan dari semua pihak khususnya platform e-commerce, jaringan ritel modern, serta platform penyedia layanan distribusi digital yang membantu mempromosikan Gim Lokal” ucap Rifan

Padakesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan, lewat kegiatan AYO HARGAI 2024 ini berharap menjadi momentum untuk mendorong pangsa pasar gim lokal baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Perpres Nomor 19/2024 diharapkan dapat menjadi akselerasi bagi pengembangan industri gim di Indonesia. Dengan begitu, dalam jangka panjang dapat mendorong industri gim untuk menguasai pasar domestik, sekaligus meningkatkan jumlah pelaku industri kreatif di subsektor pengembang permainan yang menembus pasar global.

Setidaknya, ada delapan poin utama yang diupayakan bagi pelaku subsektor pengembang permainan. Mulai dari pengembangan riset, pengembangan pendidikan, fasilitas pendanaan dan pembiayaan, penyediaan infrastruktur, pengembangan sistem pemasaran, pemberian intensif, fasilitas kekayaan intelektual, serta perlindungan hasil kreativitas.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim dalam keterangan pers Kementrian Perdagangan RI menyatakan, kampanye ini adalah gerakan yang mengarah ke pemaksimalan pemanfaatan ekosistem industri game lokal sehingga bisa menjadi pangsa pasar yang ideal bagi para developer game lokal. Ayo Dukung, Mainkan dan Hargai Gim Lokal. (Lili)

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts