YOGYAKARTA(Tilongkabilanews.id)- Produk furnitur dan kerajinan Indonesia sangat berpotensi merebut kue pasar dunia yang lebih besar, karena didukung oleh sumber bahan baku yang melimpah, dan craftmanship yang berciri khas serta berkualitas tinggi. Untuk memanfaatkan potensi pasar interasional tersebut, HIMKI (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia) berkolaborasi dengan Alibaba.com.Kolaborasi HIMKI dan Alibaba.com menjalin kerjasama dengan Enablr.id, dengan menggelar event HIMKI DIY Series Seminar & Workshop yang digelarbaru-barui ni.
Acara HIMKI DIY Series Seminar & Workshop yang digelar secara gratis itu menjadi pusat perhatian pusat pertemuan para pelaku bisnis IndonesiaPada acara seminar dan workshop tersebut menghadirkan berbagai pembicara ahli serta pelaku usaha lokal yang ingin menjelajahi potensi perdagangan internasional.
Ketua Umum HIMKI, Abdul Sobur, pun tutur hadir dan membuka acara tersebut serta memotivasi para peserta untuk bersama-sama mendorong produk furnitur dan kerajinan Indonesia agar lebih kompetitif di pasar global.
‘’Untuk dapat bersaing dikancah internasional itu,tentunya perlu ditunjang adanya inovasi produk yang menarik dari produk yang dihasilkan industri mebel. Selain itu juga perlu adanya kolaborasi atau kerjasama dengan pihak lain yang dapat mendukung untuk memenangkan persaingan pasar dunia itu sendiri.
Namun tidak hanya itu, pelaku industri mebel pun harus mempunyai kebernaian untuk bersaing di pasar internasional,’’ ujar Sobur dalam dalam keterangan persnya yang diterima RedaksiTilongkabilanews.id,Miggu(24/11/2024).
Menurut Sobur, mesti disadari bahwa produk furnitur dan kerajinan Indonesia sangat berpotensi merebut kue pasar dunia yang lebih besar, karena didukung oleh sumber bahan baku yang melimpah, dan craftmanship yang berciri khas serta berkualitas tinggi.
Nilai unik dari produk Indonesia sebagai pemasok pasar furnitur dan kerajinan global berakar pada sumber daya alamnya, tenaga kerja trampil, harga kompetitif, keragaman budaya, dan produksi berkelanjutan.
‘’Sumber daya alamnya yang melimpah dengan ragam kayu sangat dicari di pasar furnitur global, karena daya tahan, keindahan, dan karakteristiknya yang unik,’’tutur Sobur.
Lanjut Sobur, dengan pengrajinnya yang trampil, furnitur dan kerajinan buatan Indonesia banyak dicari, karena presisi dan desainnya yang kreatif, selain karakteristiknya yang berkualitas tinggi dan harga bersaing yang dapat diproduksi lebih baik dengan teknologi global terkini.
Sementara Country Manager Alibaba.com Indonesia,Jessie Lee, menjelaskan manfaat platform Alibaba.com bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Dalam presentasinya, Jessie menunjukkan bagaimana Alibaba.com dapat menjadi jembatan yang menghubungkan pelaku bisnis lokal dengan pembeli dari berbagai negara.
Salah satu sesi yang sangat inspiratif dibawakan oleh, Bambang Wijaya, pemilik PT Dekor Asia Jayakarya dan juga Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan UKM dan Kewirausahaan HIMKI.
Dengan pengalaman 11 tahun sebagai anggota Global Gold Supplier (GGS) di Alibaba.com, beliau berbagi cerita tentang bagaimana platform ini membantu bisnisnya membuka pasar-pasar baru yang sebelumnya tidak terjangkau.
Pengalaman sukses perjalanan bisnis memasarkan produk dengan memanfaatkan platform Alibaba.com pun disampaikan pemilik CV Mulya Rattan,Yayang Ayatulloh. Yayang sendiri sudah enam tahun menjual produknya dengan memanfaatkan platform Alibaba.com.
‘’Bagi pelaku bisnis yang ingin sukses dipasar internasional,tentu perlu diperhatikan pentingnya konsistensi, pemahaman kebutuhan pasar global, dan strategi pemasaran yang tepat,’’tutur Yayang.
Sesi workshop yang dipandu oleh Sandi Wijono (COO Enablr.id) dan Hafiza (Key Account Manager Alibaba.com Indonesia) memberikan wawasan praktis kepada peserta. Para peserta diajarkan cara memahami kebutuhan pembeli internasional, menganalisis tren pasar global, serta cara mengoptimalkan peluang bisnis mereka melalui pendekatan berbasis data.
Acara ini diikuti oleh 95 pendaftar, dengan 41 peserta aktif hadir secara langsung. Banyak peserta yang langsung menyatakan minat untuk menjadi supplier di Alibaba.com dan meminta tindak lanjut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai platform tersebut.
Channel Manager Alibaba.com Indonesia, Steven Wangsa menyampaikan presentasi yang sangat bermanfaat mengenai tren pasar global. Sesi ini memberikan gambaran kepada pelaku bisnis lokal tentang permintaan pasar internasional serta peluang yang bisa mereka manfaatkan untuk memperluas jangkauan bisnis mereka.
Acara ini tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi juga menjadi wadah bagi pelaku usaha untuk saling bertukar ide, berdiskusi, dan membangun jaringan. Peserta memanfaatkan sesi tanya jawab untuk mendapatkan solusi konkret atas tantangan bisnis mereka.
Para peserta memberikan apresiasi tinggi terhadap seminar ini. Banyak yang menyebut acara ini sangat informatif, relevan, dan menjadi katalisator untuk memperluas peluang bisnis mereka ke pasar global.
HIMKI DIY Series Seminar & Workshop berhasil menginspirasi dan memberdayakan pelaku bisnis lokal untuk berpikir secara global. Dengan memanfaatkan platform dan alat yang ditawarkan oleh Alibaba.com, UMKM Indonesia kini lebih siap menghadapi tantangan perdagangan internasional dan merebut peluang di pasar dunia.(Lili)