Aplikasi Samsat Link untuk Dekatkan Pelayanan kepada Wajib Pajak

 Ekonomi

 

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya saat melaunching aplikasi Samsat Link oleh Badan Keuangan Provinsi Gorontalo di halaman Kantor Samsat Kota Gorontalo, Jumat (25/8/2023). FOTO – Nova

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)–Pembangunan di Provinsi Gorontalo sangat bergantung dari PAD khususnya pajak kendaraan bermotor. Sementara ini pemilik kendaraan yang dinyatakan wajib pajak yang bayar pajaknya tepat waktu itu hanya 36 persen.

‘’Masih sedikitnya para wajib pajak  yang tepat waktu bayar pajaknya, kemungkinan saja karena kejauhan ke tempat pembayaran pajak, sehingga mereka malas datang ke Samsat,’’ujar Penjagub Gorontalo, Ismail Pakaya  pada acara peluncuran aplikasi Samsat Link di halaman Kantor Samsat Kota Gorontalo, Jumat (25/8/2023).

Samsat Link  ini yang baru diluncurkan oleh Badan Keuangan Pemerintah Provinsi Gorontalo, Penjagub Ismail  menilai ini merupakan inovasi yang baik untuk mendekatkan layanan kepada wajib pajak. Pada gilirannya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Terkait telah diluncurkannya Samsat Link ini tambah Penjagub Ismail, pihaknya berharap pemerintah kabupaten/kota se- Provinsi Gorontalo  ikut terlibat untuk mendorong percepatan pembayaran pajak kendaraan.

Kepala Badan Keuangan Sukril Gobel menjelaskan,, Samsat link merupakan pengembangan aplikasi dengan pengintegrasian data wajib pajak lintas daerah. Wajib pajak kendaraan bermotor di enam kabupaten/kota bisa melakukan pembayaran di kantor Samsat mana saja di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Jadi misalnya kendaraan Ibu Yeyen (anggota komisi II DPRD) sudah mau mati pajaknya dan kebetulan lagi reses di Boalemo, maka tidak harus datang ke Samsat Kota Gorontalo. Cukup bayar di Samsat Boalemo atau melalui layanan Samsat Keliling terdekat,” kata  Sukril mencontohkan.

Pada kesempatan tersebut diserahkan penghargaan bagi empat orang wajib pajak teladan. Mereka tercatat sebagai wajib pajak yang 16 tahun tidak pernah menunggak pajak kendaraan bermotor.

Mohamad Ali Hippy, Mohammad Nadjib, Mien Dalila dan Ritna Kaharu menjadi empat orang wajib pajak teladan. Masing masing mendapatkan hadiah TV LED 32 Inci.(Viona).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.