Tim Diskominfotik Sosialiasikan Program Recak Digital ke SMA di Pelosok Desa

 Daerah

 

Kepala Sekolah SMAN 1 Dulupi, Kabupaten Boalemo, La Ode Sultan, memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan remaja cakap digital yang dilaksanakan oleh Diskominfotik Provinsi Gorontalo, di aula SMAN 1 Dulupi, Selasa (1/11/2022). Foto – Haris

BOALEMO(Tilongkabilanews.id) – Tim  Remaja Cakap Digital (Recak Digital Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo tetap semangat mensosialisasikan Program Recak Digital  kepada siswa-siswa SMA/SMK dengan mendatangi langsung ke sekolah-sekolah, walaupun lokasinya berada di pelosok desa.

Diantara sekolah yang lokasinya di pelosok dan jauh dari pusat ibu kota kabupaten/provinsi tetap mereka kunjungi, yaitu salah satunya SMA SMA Negeri 1 Dulupi di Kabupaten Boalemo.

Kedatangan Tim Remaja Cakap Digital (Recak Digital Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo ke SMA 1 Dulupi pada Selasa (1/11/2022) diapresiasi kepala sekolah tersebut, La Ode Sultan.

‘’Kedatangan Tim Recak Digital dari Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo ini merupakan pertama kali tim yang melaksanakan kegiatan seperti ini di SMA I Dulupi. Karena selama saya menjadi kepala sekolah belum pernah menyaksikan kegiatan seperti ini,” ungkap La Ode Sultan.

Lanjut La Ode Sultan saat ini kita berada di era digitalisasi, tapi kegiatan-kegiatan digital sangat sedikit ditemukan. Karena itu kehadiran tim dar iDinas Kominfo sebagai salah satu instansi yang berinisiasi untuk memasukkan recak digital di dunia pendidikan.

 ‘’Meskipun dunia pendidikan ini isinya bertujuan untuk hal-hal yang positif, tetapi ada-ada saja kasus yang terjadi terkait dengan penggunaan medsos yang melibatkan warga sekolah,” urai La Ode Sultan.

Ia berharap kegiatan ini berkelanjutan, tidak hanya untuk siswa, guru, tapi juga bisa melibatkan para orang tua siswa.

“Karena orang tua juga memiliki tanggung jawab besar untuk mengontrol anak di rumah terkait penggunaan medsos, apalagi proporsi waktu lebih banyak di rumah dibanding sekolah,” ucap La Ode Sultan.

Salah seorang pemateri, Haris Radju, memberikan materi tentang fotografi yang dapat dimanfaatkan di media sosial. (Foto – Anie)

Kegiatan recak digital diisi dengan berbagai materi seputar keamanan informasi, bermedia sosial dengan positif, dan penggunaan medsos untuk tujuan-tujuan lainnya. Pemateri berasal dari fungsional Pranata Humas, Pranata Komputer, Kabid dan staf Diskominfotik Provinsi Gorontalo.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan buku panduan literasi digital, dari Kabid IKP, Zakiya Baserewan, kepada La Ode Sultan sebagai bahan literasi di sekolah.(Azis).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.