Penjagub Ismail Berkomitmen Turunkan Angka Kemiskinan di Gorontalo

 Daerah

 

Penjagub Gorontalo Ismail Pakaya didampingi istri saat memberikan sambutan sekaligus perkenalan pada malam ramah tamah pisah sambut dengan Penjagub Gorontalo periode 2022-2023 Hamka Hendra Noer dan jajaran Forkopimda Gorontalo serta pimpinan OPD, Minggu (15/5/2023). Foto – Nova

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)-Penurunan angka kemiskinan di Gorontalo menjadi komitmen dan keinginan besar yang harus diwujudkan Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya.

‘’Berbicara tentang kemiskinan seharusnya berhubungan erat dengan angka pengangguran. Namun di Gorontalo berbeda. Di mana berdasarkan data dari BPS angka pengangguran di Gorontalo rendah dan kemiskinan tinggi,’’ujar Penjagub Ismail Pakaya saat ramah ramah pisah sambut dengan Penjagub Gorontalo periode 2022-2023 Hamka Hendra Noer, di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Minggu (14/5/2023).

Untuk itu, kata Penjagub Ismail, penurunan angka kemiskinan di Gorontalo ini menjadi prioritas utamanya dia selama menjabat sebagai gubernur di provinsi hasil pemkaran dari Provinsi Sulawesi Utara itu.

Menurut Ismail, di Gorontalo ini memang agak ironis, karena angka penganggurannya rendah hanya 2.52 persen Tapi angka kemiskinan di Gorontalo justru tinggi. Sehingga hal ini tidak linear antara angka pengangguran dan angka kemiskinan. Harusnya penganguran rendah, kemiskinan juga rendah.

Kata Ismail kembali, Penjabat Gubernur Gorontalo sebelumnya, Hamka Hendra Noer  bisa berhasil menurunkan angka inflasi. Demikian juga mampu menurunkan angka stunting bersama istrinya, Gamaria, walaupun masih di bawah rata rata nasional atau target yang berikan secara nasional.

‘’Terkait keberhasilan Pak Hamka menurunkan inflasi dan stunting,  saya pun akan melanjutkan program yang telah dilaksanakan Pak Hamka bersama ibu,’’tutur Ismail.

Menurut Staf Ahli Bidang Sosial, Politik dan Kebijakan Publik, Kemenaker RI ini,  tugas utama yang akan dilakukannya, yaitu berupaya menurunkan angka kemiskinan ini. Kepada perwakilan BI Gorontalo, pihaknya berterimakasih karena melihat angka pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, dibandingkan di masa pandemi Covid-19.

“Mudah mudahan angka ekonomi kita akan terus membaik agar kita bisa mendorong angka kemiskinan kita. Jadi saya mohon kerjasamanya, saya tidak akan mampu mewujudkan ini jika hanya bekerja sendiri. Kami juga akan melanjutkan bantuan sosial yang dikucurkan kepada masyarakat, karena itu semoga akan membantu menurunkan angka kemiskinan,”paparnya

Saat ini Penjagub Ismail Pakaya dan istri Fima Agustina sendiri telah menempati Rumah Dinas Gubernur Gorontalo, setelah melalui prosesi adat Moloopu.(UCI).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.