Hindari Kesalahan, Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah agar Dilakukan Serius Sejak Awal

 Daerah

 

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe memberikan sambutan pada pembukaan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah pada Sistem Informasi Pembagunan Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI), bertempat di Ballroom Hotel Damhil, Senin (13/3/2023). (Foto: Nova)

GORONTALO(Tilongkabilanews.id – Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah agar dilakukan secara serius sejak awal. Sebab untuk Sistem Informasi Pembagunan Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI),pengenglolaannya dilakukan secara nasional.

“Penggunaan SIPD-RI ini lebih rumit lagi, karena pengelolaannya dari pusat langsung. Sehingga ketika terjadi kesalahan atau kekeliruan dalam penyusunan dokumen, pengurusannya harus diurus dari pusat,’’ujar Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe, dalam sambutanya ketika membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah yang digelar Bapppeda Provinsi Gorontalo, di Kota Gorontalo, Senin (13/3/2023).

Syukri menambahkan, perlu dilakukannya penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah itu sejak awal secara serius, tujuannya agar tidak ada kesalahan dalam pelaksanaannya nanti.

Kepala Bapppeda Sofyan Ibrahim menjelaskan pihaknya menggelar kegiatan Bimtek yang difasilitasi oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) bertujuan agar kedepannya dalam pembuatan dokumen perencanaan daerah semuanya sudah siap dan tidak akan ada lagi kendala.

“Sengaja ini kita buat lebih awal, mulai dari input pembahasan, penyusunan sampai dengan penetapan sebelum Juni nanti, dan kita undang juga masing-masing OPD dan pejabat-pejabat yang mengelola perencanaan untuk mengikuti kegiatan ini. Tujuannya agar kita sudah lebih siap untuk menginput di SIPD, dan tidak akan ada lagi kendala seperti tahun sebelumnya,” jelasnya.

Bimtek ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan OPD, serta sekretaris pejabat eselon IV yang mengelola terkait perencanaan, termasuk juga operator-operator di DPRD serta staf ahli masing-masing.(Uci)

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.