Gorontalo Menuju Tuan Rumah Pekan Nasional KTNA Ke-XVII 2026

Ketua KTNA Provinsi Gorontalo, Arjun Mogulaingo (Foto: Arsip)

PENAS KTNA 2026 sebagai Momentum Kebangkitan Petani & Nelayan Indonesia”

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)-Menjadi tuan rumah yang sukses secara pelaksanaan, partisipasi, dan manfaat jangka panjang.

Mempromosikan potensi pertanian, perikanan, dan ekonomi lokal Gorontalo.

Menjadikan PENAS KTNA sebagai ajang edukatif, inspiratif, dan kolaboratif.

🔑 Pilar Strategis Pelaksanaan:

  1. Keterlibatan Komunitas (Community Engagement)
  • Pelatihan tuan rumah (homestay): Edukasi masyarakat lokal tentang cara menerima tamu, kebersihan, dan keramahan.
  • “Satu Desa, Satu Inovasi”: Setiap desa peserta menampilkan inovasi khas—alat, teknik, atau produk pertanian/perikanan.
  • Pemuda Tani & Nelayan: Libatkan generasi muda melalui pelatihan digitalisasi pertanian dan kampanye “Millennial Tani”.
  1. Koordinasi Lintas Sektor
  • Satgas PENAS KTNA Daerah: Dibentuk dari unsur Pemda, TNI/Polri, Dinas Pertanian, Perikanan, Pariwisata, KTNA, Karang Taruna, dll.
  • Mitigasi Risiko & Kesehatan: Kerjasama dengan Dinkes dan BPBD untuk fasilitas kesehatan, air bersih, pengendalian hama, dan cuaca ekstrem.
  • Digitalisasi & Pusat Informasi: Aplikasi PENAS KTNA untuk info jadwal, lokasi, denah, penginapan, dan transportasi.
  1. Ekspo, Teknologi, dan Edukasi
  • Expo Inovasi Pertanian & Perikanan: Pameran Alsintan, benih unggul, teknologi hidroponik, bioflok, dan produk lokal unggulan.
  • Demo Farm & Demo Fishing: Demonstrasi lapangan oleh petani/nelayan sukses.
  • Seminar Nasional & Forum Diskusi Tematik: Bahas isu strategis: regenerasi petani, ketahanan pangan, hilirisasi pertanian.
  1. Pariwisata & Budaya Lokal
  • Paket Wisata Agro & Bahari: Setelah kegiatan, peserta bisa ikut wisata ke Danau Limboto, Pantai Botutonuo, Desa Wisata Tilango, dll.
  • Panggung Budaya Nusantara: Menampilkan seni lokal Gorontalo & kontingen daerah lain secara bergilir.
  • Kampung Kuliner Nusantara: Sajian khas daerah, khususnya kuliner lokal berbasis hasil tani & laut Gorontalo.
  1. Media, Promosi & Dokumentasi
  • Kampanye #PENASGorontalo2026: Aktif di media sosial, media massa, dan media cetak.
  • TV & Radio Lokal: Liputan harian, talkshow interaktif, dan laporan khusus.
  • Lomba Dokumentasi PENAS: Untuk jurnalis warga, siswa, atau UMKM (kategori foto, video, dan tulisan blog). 

Waktu

Kegiatan

Jan–Mar 2025

Persiapan Tim, pemetaan lokasi, audit infrastruktur

Apr–Jul 2025

Sosialisasi, pelatihan warga & desa peserta

Agu–Des 2025

Pembangunan sarana prasarana, launching promosi nasional

Jan–Apr 2026

Simulasi, pendaftaran peserta, pembukaan expo pendahuluan

Mei–Juni 2026

Pelaksanaan utama PENAS KTNA

Juli 2026

Evaluasi & laporan akhir nasional

📊 Indikator Keberhasilan:

Indikator

Target

Jumlah peserta

50.000+ orang

Keterlibatan desa

100% desa di Gorontalo terlibat

Tingkat kepuasan peserta

90% puas atau sangat puas

Potensi investasi sektor pertanian/perikanan

Rp10 miliar+

Kunjungan wisata setelah acara

20% peserta ikut paket wisata

🧩 Kolaborator Utama:

  • KTNA Pusat & Daerah
  • Kementerian Pertanian, KKP, KLHK
  • Pemprov & Pemkab se-Gorontalo
  • Bappenas, BUMN, dan Swasta
  • UMKM, petani milenial, koperasi lokal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *