Budiyanto Sidiki : Pemda dan Perguruan Tinggi harus Ketemu dan Saling Dukung Dibidang Riset

 Daerah

 

Penjabat Sekdaprov Gorontalo Budiyanto Sidiki saat memberikan sambutan pada peresmian gedung perpustakaan dan Pascasarjana Universitas Bina Mandiri (UBM), Kamis (22/6/2023). (Foto – Isam)

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)-Pemerintah daerah (Pemda) mengalami keterbatasan dalam melakukan riset. Keterbatasan yang dimaksud, yaitu kekurangan peneliti dan terbatasnya anggaran. Sementara perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki salah satu tujuan utama, yaitu  melahirkan hasil risetnya.

‘’Pemda sangat membutuhkan hasil riset itu. Karena itu, saya minta perguruan tinggi untuk    mengaktualisasikan riset dengan kebutuhan Pemda. Untuk itu kedua belah pihak, yatu Pemda dan perguruan tinggi harus saling bertemu dan saling mendukung satu sama lain,’’ujar Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo, Budiyanto Sidiki saat meresmikan gedung perpustakaan dan pascasarjana Universitas Bina Mandiri (UBM), Kamis (22/6/2023).

Menurut Budiyanto, selama ini riset dianggap sebagai tugas akademik, tapi tidak membumi, artinya tidak dibutuhkan oleh Pemda.

Mantan Kepala Bapppeda itu mencontohkan banyak riset yang layak dilakukan untuk menjadi atensi pemerintah. Misalnya terkait dengan penanganan tengkes, berapa jumlah pasti penderitanya, bagaimana cara mengatasi dan hal-hal lain yang bersifat ilmiah.

“Pada rapat kemarin Pak Gubernur agak sedikit greget gitu yaa, saya bisa dapat data stunting itu di mana? Di BKKBN tidak ditemukan datanya secara real, di Sosial juga tidak ada secara real. Nah ini kira kira contoh bagaimana kita butuh hasil riset,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Budiyanto Sidiki atas nama Penjabat Gubernur meresmikan gedung baru untuk perpustakaan dan pascasarjana UBM. Acara juga dirangkaikan dengan pelantikan pejabat struktural UBM.(UCI).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.