KPU Kabupaten/Kota Diminta Antisipasi Potensi Kerawanan Pilkada Serentak 2024

 Politik

 

POHUWATO(Tilongkabilanews.id)- Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Sofyan Rahmola menegaskan, perlu dilakukan langkah antisipasi  dalam menghadapi potensi kerawanan Pilkada Serentak 2024.

‘’Untuk itu, diingatkan kepada KPU Kabupaten dan Kota di Provinsi Gorontalo agar dapat lebih siap dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang mungkin muncul, sekaligus memperkuat pengawasan internal untuk memastikan tahapan Pilkada 2024 berjalan lancar dan demokratis,’’tegas Sofyan saat membuka rakor agenda pemetaan potensi kerawanan dalam tahapan Pilkada 2024 yang berlangsung di Kantor PKU Kabupaten Pohuwato seperti yang disampaikan dalam keterangan pers KPU Kabupaten Gorontalo  dan diterima Redaksi Tilongkabilanews.id,Jumat(4/9/2024)/

Rakor ini juga dirangkaikan dengan evaluasi penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) serta pelaporan kartu kendali di lingkungan KPU Kabupaten/Kota.

Sofyan Rahmola menjelaskan tujuan digelarnya rakor  dengan agenda pemetaan potensi kerawanan dalam tahapan Pilkada 2024,yaitu  untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi KPU dalam menjaga kelancaran tahapan Pilkada yang aman, tertib, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

‘’Pemetaan potensi kerawanan di setiap tahapan Pilkada sangat penting untuk  diperhatikan. Alasannya guna mencegah terjadinya gangguan yang dapat mempengaruhi jalannya proses demokrasi,’’jelas Sofyan Rahmola

Pada kesempatan Rakot tersebut, selain membahas potensi kerawanan, evaluasi terhadap SPIP juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini. SPIP di lingkungan KPU dinilai sebagai salah satu alat pengawasan internal yang harus terus ditingkatkan, khususnya dalam menghadapi Pilkada yang semakin dekat. (Viona)

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts