KPU Kabgor Lakukan Koordinasi dengan Lapas Perempuan Kelas IIIA untuk Pembentukan TPS Loksus Warga Binaan Pemasyarakatan

 Politik

 

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id)-Sehubungan akan digelar Pilkada serentak 2024 dalam pemlihan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo, KPU Kabupaten Gorontalo (Kabgor) memandang perlu melakukan koordinasi dengan instansi terkait pembentukan TPS lokasi khusus (LOKSUS) di Lapas Perempuan Kelas IIIA yang berada di wilayah kabupaten setempat.  Karena itu,KPU Kabgor pun merasa perlu mendata kembali warga binaan yang ada di Lapas  Perempuan Kelas IIIA di  kabupaten itu, Adapun  pendekatan yang dilakukan KPU,yaitu dengan menggunakan metode sanding data, berbeda dengan pelaksanaan coklit yang biasa dilakukan oleh Pantarlih.

‘’Pendekatan yang dilakukan KPU Kabgor dengan menggunakan metode sanding data ini, yaitu dalam upaya memastikan keakuratan data.  Untuk itu  KPU melakukan koordinasi awal dengan pihak Lapas untuk mendapatkan data lengkap mengenai Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Data ini nantinya akan disandingkan dengan data dari Pantarlih untuk menciptakan keselarasan informasi di daerah masing-masing,’’ujar Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Roy Hamrain ketika  melakukan koordinasi dengan pihak Lapas  Perempuan Kelas IIIA seperti yang disampaikan dalam keterangan resminya yang diterima Redaksi Tilongkabilanews.id,Jum’at(19/7/2024).

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIIA Kabupaten Gorontalo, Meita Eriza menegaskan,pihaknya komitmen untuk mendukung suksesnya Pilkada di Lapas, termasuk dalam hal penyelenggaraan Pemungutan Suara di TPS lokasi khusus dan sosialisasi di lingkungan Lapas.

‘’Selain itu, kami  juga siap memfasilitasi proses pembangunan TPS di Lapas, menyediakan SDM untuk menjadi penyelenggara KPPS, serta meningkatkan partisipasi pemilih di dalam Lapas,’’kata Meita.

Meita menambahkan,pihak Lapas Perempuan Kelas IIIA Kabgor  komitmen untuk membuka ruang sebesar-besarnya kepada KPU kabupaten setempat dalam mengupdate data penghuni Lapas yang sifatnya fluktuatif.

Adapun  pertemuan koordinasi ini selain dihadiri Ketua KPU Kabugor, Roy Hamrain, juga pejabat terkait seperti Ketua Divisi Data dan Informasi, Windarto Bahua, Operator Sidalih Eriyanto Mohamad, dan Kasubag Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabgor, Niken Rahmawati. Turut hadir juga Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Alexander Ka’aba, yang ikut memantau jalannya koordinasi.

Pertemuan ini ditutup dengan serah terima Surat Pernyataan Kesiapan dalam pembentukan TPS Lokasi Khusus di Lapas Perempuan Kelas IIIA antara Kepala Lapas dengan Ketua KPU, yang disaksikan oleh Ketua Bawaslu. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara KPU dan Lapas dalam memastikan keberhasilan Pilkada mendatang di Gorontalo.(Viona).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts