Jamiluddin Ritonga: Parpol Harus Kreatif Menyasar Gen Z

 Politik

 

M. Jamiluddin Ritonga,Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul

JAKARTA (Tilongkabilanews.id)-Survei Mavetrick yang menyatakan Gen Z banyak mencari berita politik, seharusnya menjadi kabar gembira bagi Partai Politik (Parpol).

‘Terkait hasil survei itu, Parpol harus kreatif mengemas pesan-pesan politik agar ketertarikan Gen Z semakin meningkat terhadap berita politik,’’kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga kepada Tilongkabilanews.id, Sabtu (9/4/2022).

Untuk itu lanjut Jamiluddin, parpol harus menyasar Gen Z dengan menyampaikan bebagai pesan politik melalui berbagai media sosial. Sebab, media sosial menjadi media utama mereka mengkonsumsi informasi.

Menurut dia, dalam berkomunikasi kepada Gen Z juga perlu dimaksimalkan melalui media online. Sebab, media online banyak memberitakan berita politik.

‘’Pemberitaan politik yang melibatkan Gen Z juga dapat dioptimalkan. Politisi dapat mengajak Gen Z  dalam kerja-kerja politik, agar ketertarikan dan minat sesama Gen Z pada politik semakin meningkat,’’imbuh mantan Dekan  FIKOM IISIP Jakarta ini.

Hanya saja  ucap Jamiluddin, peran Gen Z dalam kerja politik politisi jangan hanya sebagai objek. Maksudnya Gen Z harus diperankan  sebagai subyek agar dapat mengajak sesama rekannya tertarik masuk ke dunia politik.

Kata Jamiluddin, pengetahuan mereka tentang politik juga dapat menyadarkan mereka untuk lebih kritis terhadap kebijakan pemerintah. Hal itu dapat menguatkan kontrol masyarakat terhadap pemerintah.

Hal itu  ujar Jamiluddin sangat diperlukan untuk mengisi kekosongan lemahnya kontrol dari partai politik yang dominan berpihak ke pemerintah. Dengan begitu kritik terhadap pemerintah tetap menggema di Indonesia. Hal ini dapat tetap menghidupkan demokrasi di tanah air.(Lili).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.