Dukungan terhadap Capres Ganjar Pranowo Datang dari Relawan Des Ganjar Gorontalo

 Politik

 

Para relawan desa di Gorontalo yang menyebut organiasi relawan tersebut, yaitu Des Ganjar Gorontalo. Terbentuknya organisasi relawan Des Ganjar ini karena rasa simpati terhadap sosok Ganjar Pranowo yang saat ini sebagai Gubernur Jawa Tengah yang peduli terhadap kehidupan desa. Untuk itu DPW Des Ganjar Gorontalo pun telah dikukuhkan, di Hotel Aston, Selasa (9/5/2023).

GORONTALO(Tilongkabilanews.id) –Dukungan terhadap terhadap calon presiden, Ganjar Pranowo yang bakal maju dalam Pilres 2024 terus mengalir. Kini dukungan terhadap pencapresan Ganjar tersebut datang dari sukarelawan desa  di Provinsi Gorontalo. Adapun sukarelawan desa untuk Ganjar yang lebih akrab disebut Des Ganjar. Sukarelawan Des Ganjar di Provinsi Gorontalo itu sendiri telah dibentuk organisasinya, yaitu  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Des Ganjar Gorontalo yang dikukuhkan secara resmi, Selasa (9/5/2023) di Hotel Aston Gorontalo. Pengukuhan DPW Des Ganjar Gorontalo pun  dihadiri setidaknya ada 80 kepala desa  berkomitmen menyatakan dukungannya untuk Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

‘’Terbentuknya relawan Des Ganjar Gorontalo dan adanya dukungan dari kepala desa yang hadir pada acara pengukuhan DPW Des Ganjar ini, dilatarbelakangi rasa simpati terhadap sosok Ganjar sebagai salah satu sosok yang memperjuangkan terciptanya Undang-Undang Desa yang dirasakan sebagian besar masyarakat desa saat ini,’’ujar Ketua DPW Provinsi Gorontalo, Wowiling Habibullah di sela –sela acara pengukuhan kepengurusan relawan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 mendatang.

Wowiling menuturkan lebih lanjut ketika Ganjar Pranowo menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR RI, dia  termasuk anggota dewan yang memfasilitasi pertemuan untuk memperjuangkan terciptanya UU Desa yang pada akhirnya bisa terwujud saat ini. Itu yang pada akhirnya para relawan bersimpati terhadap sosok Gubernur Jawa Tengah ini.

Kata Wowiling, Ganjar yang berasal dari desa sangat memahami kondisi pedesaan yang ada di Indonesia. Karena itu,selama berpihak sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar memiliki banyak program yang berpihak terhadap desa, program yang memperhatikan UMKM itu yang kemudian membuat para relawan di Gorontalo tertarik atas capaian kinerjanya.

Dia mengungkapkan walaupun baru dua kali bertemu, pihaknya merasa adanya kecocokan antara dirinya dan Ganjar Pranowo, terutama pada kepribadiannya yang sangat dekat dengan rakyat. 

Menurutnya, pemimpin yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah pemimpin yang tidak memiliki jarak dengan rakyat, sehingga bisa memahami bagaimana kondisi rakyat dan sosok kepemimpinan tersebut melekat dalam diri Ganjar Pranowo.

“Melihat dari perjalanan beliau dan mengikuti perkembangan beliau sejak beberapa waktu lalu, beliau orangnya humble, sopan, peduli dan tidak menciptakan jarak antara masyarakat dan Pak Ganjar itu sendiri. Sehingga saat bertemu dengan beliau langsung kami merasa bahwa beliau bukan seorang gubernur atau pun tokoh nasional, karena beliau adalah bagian dari kami,” tambahnya.

Selama proses konsolidasi yang singkat, Wowiling mendapatkan tanggapan yang antusias dari segenap kepada desa yang hadir secara sukarela menjadi penggerak konsolidasi Ganjar Pranowo di level desa.

“Dalam waktu yang singkat Ibu Hj Wargiyati (Dewan Pengarah Des Ganjar) mengumumkan perihal pengukuhan Des Ganjar, alhamdullilah responsnya membludak, karena hampir semua dari perangkat desa di sini sudah kenal dan menyukai sosok Ganjar Pranowo,” lanjutnya.

Perihal usulan ke depan, Wowiling menambahkan terkait dengan kapasitas SDM dan kejelasan status dari perangkat desa agar perlu diperhatikan.

“Kami berharap apa yang dilakukan oleh Pak Ganjar di Jawa Tengah menjadi miniatur apa yang harus dilakukan di Indonesia terhadap desa. Jadi, aspek yang kemudian berada di wilayah desa itu memang harus jadi perhatian,” kata dia.

Wowiling menambahkan, selanju terkait mengenai usulan  kepastian dan kapasitas dari perangkat desa. Karena sebagai perangkat desa itu bukan berstatus sebagai ASN atau pun P3K, tetapi banyak aturan yang melekat. Oleh seban itu, perlunya kepastian terkait tenaga kerja di desa. (Azis).

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.