Penjagub Ismail Undang Makan Malam Riski Pemanjat Tiang Bendera HUT RI ke 78

 News

 

Penjagub Ismail Pakaya bersama istri saat mengundang Riski untuk makan malam di Rumah Jabatan, Jumat (18/8/2023). Riski sendiri adalah seorang siswa yang melakulan aksi memanjat tiang bendera saat peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. (Foto – Isam)

GORONTALO (Tilongkabilanews.id)- Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengaku simpatik atas aksi heroik seorang siswa kelas X SMA 9 Gorontalo Utara, Riski Lamanto yang memanjat tiang bendera  untuk mengambil tali yang putus. Peristiwa putusnya tali ditiang bendera tersebut terjadi saat peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara.

Terkait aksi heroik si pemanjat tiang bendera saat peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI itu, Penjagub Ismail pun mengundang Riski untuk makan malam di Rumah Jabatan, Jumat (18/8/2023).

Riski Lamanto pun datang memenuhi undang Penjagub Ismail dan ditemani  kedua orang tuanya, yaitu ayah Irfan Lamato, ibu Yusra Laiya serta kepala sekolah SMA 9 Gorontalo Utara.

Riski menggunakan pakaian PMR putih-putih, seragam yang ia gunakan saat memanjat tiang bendera untuk mengambil tali yang putus. Berkat aksinya itu, bendera merah putih bisa dikibarkan sebagaimana mestinya.

Penjagub Ismail menyampaikan apresiasi dan kekaguman atas aksi Riski menyelamatkan pengibaran merah putih. Riski dinilai berani dan mengambil keputusan yang tepat dimomen yang sangat penting.

“Ini sebagai bentuk ucapan penghargaan saya pada seorang anak yang baru kelas X, sudah punya keberanian yang tinggi serta pengambilan keputusan yang cepat sehingga secara refleks memanjat tiang bendera sekalipun dengan risiko yang harus ditanggung. Apalagi tiang bendera yang dinaiki itu sangat tinggi, sekitar 14 meter,” kata Penjagub bangga.

Berkat aksi heroiknya itu, Riski akan menerima beasiswa hingga lulus dari bangku sekolah. Warga Desa Hulawa, Kecamatan Sumalata Timur juga mendapatkan hadiah sepeda dari Penjagub Ismail. Riski diminta memilih satu dari tiga unit sepeda yang biasa digunakan Penjagub berolahraga.

“Tiga kilometer jarak sekolah dari rumahnya. Jadi silahkan sepeda ini digunakan untuk transportasi dari rumah ke sekolah pergi pulang,” imbuh Ismail.

Demikian juga Ketua TP. PKK Fima Agustina memberikan santunan secara pribadi kepada Riski. Uang itu diharapkan bisa membantunya meringankan beban sehari-hari Riski dan keluarganya.

Saat ini Riski bersama keluarga diinapkan di Hotel Elmadina dan bergabung bersama puluhan anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo yang sukses menjalankan tugas pada 17 Agustus 2023 kemarin. (Azis).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.