Mendagri Tito Minta Para Penjabat Kepala Daerah Jadi Pemimpin yang Kuat

 Nasional

 

Suasana Rakor Penjabat Kepala Daerah di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (9/6/2023). (Foto : Zakir)

JAKARTA (Tilongkabilanews.id)- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian para penjabat kepala daerah harus melakukan tugas dan fungsinya, serta mewujudkan pemerintahan yang bersih.

‘’Pak Mendagri mengharapkan para penjabat kepala daerah tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran terutama dalam pengadaan barang dan jasa, mutasi pegawai, serta hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan,’’ujar Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya usai  mengikuti rapat koordinasi penjabat kepala daerah di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (9/6/2023).

Kata Penjagub Ismail, harapan yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian ini sejalan dengan komitmen  dirinya yang sejak awal bertekad untuk memberikan yang terbaik untuk tanah kelahirannya, Gorontalo.

“Waktu setahun terlalu singkat untuk membangun Gorontalo. Tetapi saya bertekad melakukan yang terbaik,” imbuhnya.

Sementara kegiatan Rakor itu digelar dalam rangka menjamin peningkatan kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik, serta implementasi kebijakan strategis nasional di daerah.

Pada kegiatan Rakor itu Mendagri Tito Karnavian meminta para penjabat kepala daerah untuk menjadi pemimpin yang kuat. Menurutnya, pemimpin yang kuat perlu ditopang oleh tiga aspek, yakni memiliki legitimasi yang kuat, ditunjang oleh staf yang kuat, serta mendapat kepercayaan dan kepuasan publik yang baik.

“Ketiga aspek tersebut perlu dimiliki oleh seorang penjabat kepala daerah agar bisa menjadi seorang pemimpin yang kuat. Penjabat kepala daerah harus mampu membangun hubungan harmonis dengan berbagai pihak, termasuk otoritas di atasnya,” kata Mendagri.(UCI).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.