YOGYAKARTA (Tilongkabilanews.id)- Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menggelar kegiatan lomba Anugrah Media Humas (AMH) 2022. Kegiatan lomba AMH itu sendiri diperuntukan bagi insan humas yang bertugas di kementrian/ lembaga/ BUMN/BUMD/perguruan tinggi, pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota.
Pengumuman pemenang lomba AMH 2022 yang diadakan di Yogyakarta, Kamis (24/11/2022), Dinas Kominfo dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo dinyatakan meraih juara III kategori siaran pers. Pada kegiatan AMH 2022 ini ada enam kategori yang diperlombakan, yakni siaran pers, website, pengelolaan media sosial, penerbitan internal, kampanye komunikasi publik serta audio visual.
Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Masran Rauf mengemukakan, kegiatan lomba seperti ini merupakan keikutsertaan perdana bagi Diskominfotik Gorontalo.
‘’Dari tiga kategori yang diikuti, satu kategori yakni siaran pers menjadi juara III, sementara kategori kampanye komunikasi publik masuk nominasi. Pencapian ini tentu sangat membanggakan bagi kami,’’ucap Masran.
Lanjut Masran, dirinya melihat dari tayangan YouTube, nominatornya itu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur. Smentara Gorontalo nyelip dua nominasi, satunya juara III.
‘’Itu sudah luar biasa untuk daerah kecil berstatus pendatang baru, seperti Gorontalo ini” tutur Kadis Kominfotik Provinsi Gorontalo.
Masran bersyukur anak buahnya sepanjang tahun 2022 bekerja dengan maksimal. Beberapa indikator kinerja dinas juga dinilainya berjalan dengan baik. Ia berharap penghargaan ini bisa memotivasi untuk bekerja lebih baik tahun 2023.
“Saya menyemangati teman teman untuk lebih baik. Kita buktikan bahwa kinerja humas Gorontalo bisa bersaing dengan daerah daerah besar,” imbuhnya.
Sementara itu, Menkominfo RI Jhony G. Plate menyebut penghargaan ini untuk mengapresiasi kinerja humas di tingkat pemerintah pusat hingga kabupaten kota. Jhony menyebut tantangan humas pemerintah atau government public relation (GPR) semakin besar di era sekarang.
Ia mencontohkan peran melawan hoaks. Sepanjang tahun 2018 hingga November 2022 ada 10.691 isu hoaks. Peran GPR untuk menyediakan informasi yang aktual dan faktual kepada masyarakat menjadi krusial.
“Peran GPR sebagai jembatan komunikasi pemerintah kepada masyarakat. Menampung aspirasi publik serta membentuk image pemerintah. Sebagai jembatan komunikasi, jembatannya kuat enggak, tahan enggak, canggih enggak. Ini harus ada dalam hati dan benak kita sekalian,” pesannya. (Azis)