Jamiluddin Ritonga: Pernikahan Politik Dikhawatirkan Ancam Indepedensi MK

 Nasional

 

M. Jamiluddin Ritonga,Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul

JAKARTA (Tilongkabilanews.id)-Rencana pernikahan Ketua MK Anwar Usman dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Isayati, menuai polemik. Disatu sisi, banyak yang menilai pernikahan tersebut sebagai hak privasi. Karena itu, pernikahan Anwar Usman dengan adik Presiden Jokowi seharusnya tidak menjadi perbincangan publik.

‘’Pernikahan mereka selayaknya dianggap hal biasa, sebagaimana pernikahan pada umumnya,’’kata M. Jamiluddin Ritonga,Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul ketika berbincang dengan wartawan Tilongkabilanews.id,Selasa(22/3/2022).

Namun di lain lain lanjut Jamiluddin, pernikahan mereka dinilai sebagai pernikahan politis. Karena itu, pernikahan mereka ini dikhawatirkan akan berdampak pada indepedensi lembaga yudikatif, khususnya MK.

Kekhawatiran itu ucap mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta tersebut menjadi beralasan mengingat saat ini banyak kasus gugatan yang sedang berproses di MK berkaitan dengan eksekutif, khususnya Jokowi.

Dengan pernikahan tersebut, menurut dia dimungkinkan MK akan menghadapi konflik kepentingan. MK dikhawatirkan akan mendahulukan kepentingan eksekutif dibandingkan untuk menegakkan hukum berdasarkan keadilan.

Kata Jamiluddin, peluangnya semakin besar mengingat kuatnya kekerabatan kita yang menimbulkan sikap ewuh pakewuh.

‘’Kalau ini terjadi, maka MK dalam menangani kasus guggatan terkait eksekutif  aka kehilangan indepedensinya,’’tutur dia.(Lili).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.