Untuk Gerakkan Perekonomian Daerah, OPD Diminta  Gelar Rapat Diadakan di Daerah Sendiri

 Ekonomi

 

Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat memberikan sambutannya, usai penyelenggaraan adat Mopotilolo oleh Pemda Bone Bolango, saat kunker perdana Hamka ke Kabupaten Bone Bolango, Selasa (24/5/2022). Foto – Salman

BONEBOL(Tilongkabilanews.id) –Belanja pemerintah di Provinsi Gorontalo menjadi andalan untuk menggerakan perekomian daerah tersebut. Karena itu, Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer meminta aparaturnya , baik di provinsi maupun kabupaten/kota untuk membuat kegiatan pemerintahan di daerah Gorontalo saja.

‘’Saya berharap para OPD  yang ada di lingkungan pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota  di Gorontalo berkonstribusi untuk menggerakkan ekonomi dengan menggelar kegiatan di daerah sendiri. Khususnya menggerakkan perekonomian dibidang perhotelan, destinasi wisata, rumah makan, UMKM dan jasa transportasi,’’ujar Hamka usai menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Bone Bolango, Selasa (24/5/2022).

Pada kesempatan itu Hamka pun menyarakan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) yang hadir di kunjungan kerja tersebut agar tidak menggelar rapat di luar Gorontalo. Maksudnya setiap kegiatan rapat yang diselenggarakan setiap pemerintah daerah, tetap memilih tempat di daerah sendiri.

‘’Jika menggelar kegiatan rapat atau kegiatan lainnya di luar daerah Gorontalo, itu sama saja memindahkan APBD kita ke daerah lain, sementara ekonomi kita masih tersendat pasca covid-19,”  imbuh Hamka.

Menurut Hamka lebih lanjut, apabila kegiatan itu diadakan di daerah sendiri, dipastikan hotel yang ada di Gorontalo akan terisi. Selanjutnya, pengelola hotel tersebut akan membeli produk pertanian, peternakan dan perikanan yang dihasilkan para petani, peternak dan nelayan asal Gorontalo untuk menyajikan sejumlah menu makanan bagi tamu hotel itu sendiri. ‘’Jika hotel membeli produk pertanian, peternakan dan perikanan, dipastikan perekonomian petani dan nelayan  di Gorontalo pun akan hidup. Saya juga tadi sudah bicara dengan Pak Bupati  agar supaya kabupaten kota bisa sama sama dengan pemprov menggerekan perekonomian daerah,” imbuhnya.

Dia menambahkan,  kalau ada OPD yang menggelar kegiatan di luar daerah Gorontalo, berarti dia tidak tegak lurus dengan gubernurnya.

Kedatangan Penjagub Hamka bersama istri drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa ke Bone Bolango disambut adat Mopotilolo. Penyambutan di Rumah Jabatan Bupati itu dihadiri oleh Bupati Hamim Pou bersama istri serta sejumlah pimpinan OPD.(Viona).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.