Tren Permintaan Bapok Jelang Idulfitri Meningkat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran 2023

 Ekonomi

 

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika (kanan) bersama Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar melakukan kunjungan ke booth minyak goreng Bazaar Lebaran di Kementerian Perindustrian, Selasa 11 April 2023

JAKARTA (Tilongkabilanews.id)- Tren permintaan barang kebutuhan pokok (Bapok) pada setiap menjelang Idulfitri mengalami peningkatan. Untuk memenuhi  kenaikan permintaan kebutuhan pokok jelang Idulfiri 1444 Hijriah ii, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun menggelar Bazaar Lebaran 2023 pada 11-14 April 2023 di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika saat membuka Bazaar Lebaran 2023 mengatakan, untuk memenuhi kenaikan permintaan  bahan pokok jelang Idulfitri tersebut, tidak cukup hanya mengandalkan ketersediaan stok pasar, tetapi juga perlu didukung pendistribusian yang tepat sasaran.

Putu mengatakan lebih lanjut, untuk menjamin ketersediaan stok pasar, Kemenperin bekerja sama dengan Satgas Pangan dan instansi lainnya dalam mengatur kelancaran distribusi bahan pangan dan pakan selama masa Lebaran tahun 2023.

“Kami berkomunikasi dan berkoordinasi secara intensif dengan Satgas Pangan dan Kementerian/Lembaga terkait lainnya agar angkutan bahan pangan dan pakan tetap berjalan normal di periode ini,” ucap Putu.

Putu menambahkan, Bazaar Lebaran merupakan kegiatan rutin tahunan yang menjadi salah satu bentuk kepedulian dan wujud partisipasi Kemenperin dalam menyambut Lebaran, digelar di Plasa Pameran Industri Kemenperin yang merupakan fasilitas bagi para perajin dan pengusaha untuk berpromosi.

“Selain itu, Bazaar Lebaran Kemenperin bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para pegawai dan masyarakat sekitar dalam mendapatkan bahan makanan, minuman, dan sandang lainnya dengan harga terjangkau,” tutur Putu.

Bazaar lebaran tahun ini diikuti oleh lebih dari 80 perusahaan baik skala besar, menengah maupun usaha kecil, produk-produk yang akan ditampilkan antara lain makanan (minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, biskuit, olahan daging, makanan siap saji dan lainnya), minuman (sirop, susu, minuman ringan lainnya), tekstil (pakaian jadi, sarung), maupun produk elektronika. Pada hari pertama pelaksanaan bazaar lebaran akan dilakukan penjualan perdana minyak goreng murah dari PT. Sinar Mas sebanyak 4.000 liter.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi industri makanan dan minuman serta industri tekstil, aneka dan elektronika dalam menyukseskan Bazaar Lebaran tahun ini. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada PT Sinar Mas dalam menyukseskan kegiatan penjualan minyak goreng murah sebanyak 4.000 liter,” terang Putu.(Lili)

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.