Suhanto: Kemendag Komitmen Fasilitasi Pemasaran Produk Fesyen Muslim Hingga Mendunia

 Ekonomi

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto pada kegiatan pembukaan Parade 5 Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Hall 3 ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (20/10/2022).

TANGERANG(Tilongkabilanews.id)– Kementerian Perdagangan(Kemendag) berkomitmen memfasilitasi pemasaran produk fesyen muslim hingga mendunia. “Produk fesyen muslim Indonesia diharapkan tidak hanya berkutat di dalam negeri. Terdapat rekan-rekan perwakilan perdagangan di luar negeri yang siap membantu produk Indonesia menjelajah ke berbagai negara,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto saat membuka Parade 5 Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Hall 3 ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (20/10/2022).

Lanjut Suhanto, Kemendag terus berupaya untuk menjadi mitra dan memfasilitasi para pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing produknya, sehingga dapat berkiprah di pasar global. Salah satu produk ekspor yang tengah menjadi perhatian Kemendag, tambah Suhanto adalah produk fesyen muslim atau dalam konteks internasional, biasanya dikenal dengan modest fashion.

Kementerian Perdagangan mencatat, populasi muslim dunia mencapai 1,9 miliar pada 2020 atau setara 25 persen dari total populasi dunia. Populasi muslim ini diprediksi akan naik menjadi 2 miliar pada 2030 dan 3 miliar pada 2060 atau setara dengan 30 persen dari populasi global.

Demikian juga daya beli produk modest fashion, kata Suhanto  meningkat 6,1 persen dalam lima tahun terakhir dan diperkirakan mencapai 375 miliar Dolar AS pada 2025.

‘’Dengan potensi ini, terlihat adanya peningkatan kebutuhan terhadap pakaian dan penunjangnya,’’tutur Suhanto.

Suhanto menegaskan, JMFW 2023 merupakan inisiasi Kemendag bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk memanfaatkan potensi tersebut. JMFW menjadi suatu ekosistem yang akan merangkul pihak-pihak terkait. Tidak hanya unsur kementerian dan lembaga, tetapi juga akademisi, desainer, asosiasi, industri fesyen, dan industri penunjangnya (kosmetik, aksesoris, dan alas kaki) serta media. (Lili).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.