Sepanjang 2023, Pemerintah Melalui BULOG Sudah Gelontorkan CBP Sebanyak 2,56 Juta Ton

 Ekonomi

 

JAKARTA(Tilongkabilanews.id)- Direktur Utama Perum BULOG, Bayu Krisnamurthi menyampaikan,sepanjang tahun 2023, Pemerintah melalui BULOG sudah menggelontorkan cadangan beras pemerintah (CBP)sebanyak 2,56 juta ton. Hal itu dilakukan dalam rangka program stabilisasi harga beras, sehingga harga beras di pasar  di  dalam negeri tetap terkendali dengan baik.

‘’Adapun untuk program  Operasi Pasar atau yang sekarang bernama Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang sudah disalurkan BULOG sebanyak 1,1 juta ton CBP dan untuk program beras bantuan pangan sudah sebanyak 1,46 juta ton CBP”, ujar Bayu dalam diskusi Direksi Perm BULOG dengan Forum Wartawan Bulog pada kamis (21/12.2023) di Bulog Corporate University, Jakarta.

Terkait untuk menjaga stabilitas pangan nasional di tahun 2024, kata Bayu pada prinsipnya Perum BULOG siap. Pasalnya stok pangan berupa Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikuasai BUMN bidang pangan saat ini ada sebanyak 1,26 juta ton. Lalu masih ada stok beras yang mash dalam perjalanan menuju gudang-gudang BULOG sebanyak 494 ribu ton serta juga masih ada sisa kuota tambahan penugasan pengadaan sebanyak 500 ribu ton yang bersumber dari Thailand, Vietnam, Pakistan dan Miyanmar.

‘’Dengan stok komoditas pangan berupa beras yang dikuasai BULOG saat ini kemudian masih ada stok dalam perjalanan dan tambahan baru penugasan pengadaan stok dari pemerintah, maka jumlahnya akan makin kuat untuk kebutuhan penyaluran sampai tahun depan guna mempertahankan stabilitas harga pagan di masyarakat,’’imbuh Bayu.

Pada kesempatan itu, Bayu mengemukakan mengenai pelaksanaan program Bantuan Pagan berupa beras sampai dengan  20 Desember 2023 kemarin sudah terealisasi sebesar 97% atau sebanyak 1,46 juta ton dari pagu total sebanyak 1,49 juta ton.

Selain beras, Bayu juga menjelaskan guna mengatasi defisit produksi jagung pakan pada kuartal IV 2023 Pemerintah melalui Badan Pagan Nasional menugaskan Perum BULOG dalam penyediaan pasokan dan penyaluran jagung kepada peternak sasaran atau koperasi peternak sasaran melalui skema impor.

“Sesuai penugasan dari pemerintah, BULOG sudah mendatangkan sebanyak 171 ribu ton jagung pakan yang dijual ke peternak sasaran sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah untuk meredam kenaikan harga jagung pakan yang terjadi akhir akhi in’, tambah Bayu.

Dengan upaya dan beberapa program yang dilakukan Pemerintah melalui BULOG terbukti efektif dalam meredam gejolak harga pagan yang terjadi di sepanjang tahun 2023. (Lili).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts