Sektor Peternakan Ayam di Gorontalo akan Terus Didorong untuk Pemulihan Ekonomi Rakyat

 Ekonomi

 

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer (topi merah) saat meninjau peternakan ayam broiler di Desa Bakti, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Minggu (17/7/2022). (Foto: Salman).

KABGOR(Tilongkabilanews.id) – Pertumbuhan ekonomi masyarakat baik secara keseluruhan di Indonesia termasuk di Provinsi Gorontalo mengalami ketersendatan semenjak terjadi pandemi Covid 19.

‘’Karena itu untuk pemulihan ekonomi rakyat ini kita dorong pelaku usaha sektor riil, salah satunya seperti sektor peternakan agar ekonomi mereka tumbuh kembali,’ujar Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat meninjau usaha peternakan ayam ras pedaging (broiler) di Desa Bakti, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Minggu (17/7/2022)

Menurut Penjagub Hamka lebih lanjut penghasilan pelaku usaha peternakan ayam ras pedagig ni perbulan lumayan baik dan tadi juga dilihat seberapa kuat pelaku usaha ternak tersebut menyerap tenaga kerja.

Kata Hamka, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sekarang ini terus berbenah untuk bangkit pasca pandemi covid-19. Terkait dengan itu, Ia berkomitmen akan memperluas usaha peternakan ayam di Gorontalo sehingga lapangan pekerjaan pun terbuka.

Kedepannya, ucap Hamka pihaknya akan melihat peluang, apakah bisa dengan menyediakan suntikan dana atau usaha – usaha seperti ini akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

“Serapan ayam di Gorontalo masih kurang mungkin harus ada beberapa yang seperti ini. Apakah kita buat di tempat ini atau di tempat lain. Tapi pertanyaan kalau kita berharap kepada peternak lokal, mungkin agak susah untuk membangun dengan model seperti ini, maka kita harus mencari kolaborasi dengan pihak ketiga sehingga kalau semakin banyak peternakan ayam di Gorontalo, maka ekonomi juga akan kuat di masyarakat,” paparnya.

Diketahui peternakan ayam Airafa yang berada di Dusun Molowahu ini, mampu memanen sebanyak 12.000 ekor per 32 hari dengan penghasilan sebesar  Rp 100 juta.(Viona).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.