Pemkab Gorontalo Komitmen Dorong Tenaga Kerja  Kompeten yang Siap Terjun di Dunia Kerja

 Ekonomi

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo membuka pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat produktif di kabupaten Gorontalo, Kamis (7/12/2023).

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) – Pemerintah Kabupaten )Pemkab) Gorontalo terus berkomitmen dan mendorong tenaga kerja yang berkompeten agar siap terjun di dunia kerja. Salah satu yang secara terus menerus dilakukan Pemkab Gorontalo adalah melaksanakan berbagai pelatihan kepada calon-calon tenaga kerja.

Pemkab Gorontalo melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi program terbarunya dalam mendorong tenaga kerja berkompeten tersebut yaitu berupa pelatihan menjahit pakaian, pembuatan kue dan roti.

Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama dua pekan da dipusatkan di UPTD BLK Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto dan dibuka secara resmi oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, kamis (7/12/2023).

‘’Kegiatna pelatihan ini diadkan dalam rangka mewujudkan pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat produktif di kabupaten Gorontalo ,’’kata Nelson

Pada kesempatan itu, Nelson bilang, potensi alam di Kabupaten Gorontalo begitu banyak tersedia namun belum dikelola dengan benar. Demikian juga, ucap Nelson, peluang kerjja yang ada di daerahnya diakui masih  belum dikelola dengan benar.  Oleh karena itu, menurut dia,yang perlu dan harus dibenahi adalah sumber daya manusia,(SDM) terlebih dahulu

“Salah satu upaya membenahi SDM ini, yaitu melalui kegiatan pelatihan-pelatihan kompetensi yang terus dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo,” tutur Nelson.

Nelson menambahkan, mungkin banyak yang punya semangat membuat kue dan sebagainya, banyak yang memiliki keinginan berusaha tapi tidak memiliki modal usaha, Sehingga melalui pelatihan seperti ini sambil diberikan pelatihan peningkatan kompetensi juga  dlakukan pemberian modal usaha. Ia pun berharap, kepada Dinas Nakertrans untuk membenahi fasilitas yang ada di BLK karena ini merupakan tempat pelatihan pengembangan SDM

Penyamatan tanda peserta pelatihan oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di BLK Limboto

Tak hanya itu, Nelson berharap,dalam rangka mendatangkan berbagai program untuk kesejahteraan masyarakat komunikasi ke pemerintah pusat pun tetap dilakukan.

“Termasuk program-program pelatihan peningkatan SDM dilakukan terus menerus,” kata Nelson.

Sementara itu, Kepala Dinas Nakertrans, Kisman Ishak menambahkan, kegiatan ini diikuti 40 orang yang berasal dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Limboto dan Pulubala. “Adapun pembiayaan untuk kegiatan pelatihan ini bersumber dari  APBN  Tahun 2023, anggaran pelatihan. Tujuannya, sebagai upaya Pemkab Gorontalo  mendorong  tenaga kerja di Kabupaten Gorontalo  berkompeten dan  siap terjun di dunia kerja,” pungkasnya. (Rg).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts