Pemkab Gorontalo Beri Bantuan Sarana dan Prasana Perikanan Tangkap untuk Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

 Ekonomi

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat penyerahan bantuan sarana prasarana perikanan tangkap dari Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2024 di empat wilayah pesisir, Selasa (14/5/2024).

LIMBOTO (Tilongkabilanews.id)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menaruh perhatian dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten tersebut. Masyarakat yang mendapat perhatian untuk ditingkatkan kesejahteraan itu, salah satunya masyarakat yang berprofesi nelayan atau masyarakat yang tinggal di pesisir yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Gorontalo (Kabgor).

Adapun upaya Pemkab Gorontalo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan ini, yaitu melalui program pemberian bantuan sarana prasarana perikanan tangkap .

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjelaskan,pemberian bantuan sarana dan prasana  perikanan tangkap untuk masyarakat nelayan ini bersumber dari Program Dana Alokasi  Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2024.

‘’Pemerintah daerah akan selalu memperhatikan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena  pembangunan di Kabupaten Gorontalo tidak hanya berfokus pada satu bidang, tetapi mencakup  berbagai sektor seperti infrastruktur, pertanian, perikanan, dan sektor lainnya,’’kata Nelson saat penyerahan bantuan sarana prasarana perikanan tangkap dari Program Dana Alokasi  Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2024 di empat wilayah pesisir, Selasa (14/5/2024).

Terkait  bantuan sarana prasarana perikanan yang diberikan Pemda ini, ujar Nelson diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Karena itu, Nelson pun meminta agar bantuan ini digunakan dengan baik dan disyukuri dengan cara dimanfaatkan secara optimal dalam keseharian.

‘’Saya ingatkan setiap bantuan untuk masyarakat, salah satunya seperti bantuan sarana dan prasana peralatan perikanan tangkap ini harus dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik. Untuk  itu dinas terkait, saya meminta agar mengevaluasi  program bantuan yang telah diserahkan kepada masyarakat,’’tegas Bupati Gorontalo dua priode itu.

Menurut Nelson, pentingnya  evaluasi dilakukan oleh dinas terkait bertujuan untuk mengoptimalkan bantuan sebelumnya yang sudah tidak digunakan.

“Jika bantuan mengalami kerusakan agar segera diperbaiki. Untuk bantuan kelompok, saya meminta  ketua kelompok melayani anggotanya dengan baik demi kesejahteraan bersama,” tandasnya.

Adapun bantuan yang diberikan kepada nelayan di wilayah pesisir  yaitu peralatan tangkap berupa perahu masing-masing, Kecamatan Bilato sebanyak 2 unit, Kecamatan  Biluhu sebanyak 4 unit, dan Kecamatan Batudaa Pantai sebanyak 11  unit.

Selain bantuan perahu, para nelayan di empat kecamatan itu beroleh bantuan mesin tempel dan alat pancing tuna dan cumi. Bantuan mesin tempel disalurkan  ke Kecamatan Batudaa Pantai sebanyak 10 unit. dan Kecamatan Biluhu 1  unit. Untuk alat pancing tuna disalurkan  kepada nelayan di Bilato sebanyak 70 unit, Biluhu 40 unit, dan Batudaa Pantai 50 unit. Bantuan alat pancing cumi juga diserahkan. Sebanyak 375 unit untuk Kecamatan Batudaa Pantai dan 192 unit untuk Kecamatan Biluhu.(Rg)

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts