Pastikan Alat Pertanian Modern itu Masih Baik dan Siap Dioperasikan, Penjagub Ismail Tinjau Brigade Alsintan

 Ekonomi

 

Penjagub Ismail Pakaya meninjau alat pertanian di Brigade Alsintan Provinsi Gorontalo di Desa Molowahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Minggu (6/8/2023). (Foto: Nova)

KABGOR(Tilongkabilanews.id)–Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya  yakin berbagai alat pertanian modern yang ada di Brigade Alsintan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo seperti traktor roda dua, traktor roda empat, cultivator, combine harvester dan berbagai mesin lainnya masih dalam kondisi baik dan siap dioperasionalkan.

Keyakinan itu setelah Penjagub Ismail meluangkan waktu liburnya untuk meninjau kondisi Brigade Alsintan Provinsi Gorontalo di Desa Molowahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Minggu (6/8/2023).

‘’Saya melakukan kunjungan ke Briagde Alsintan ini,yaitu ingin memastikan bahwa alat mesin pertanian kita ini, baik yang dibeli lewat APBD maupun yang bantuan dari Kementerian Pertanian barangnya itu ada dan apakah terpelihara dengan baik,” ucap Penjagub Ismail.

Selain itu tambah Ismail, kunjungan ke Brigade Alsintan ini dalam rangka menindaklanjuti aspirasi para petani di Mootilango, yang mengeluhkan terkait pemanfaatan alsintan yang dikelola Dinas Pertanian.

Pada kesempatan itu, Penjagub Ismail pun berpesan agar operator dan teknisi diharapkan dapat menjaga alsintan dengan baik, karena alat alat pertanian ini sangat membantu petani.

“Karena alat ini gratis maka biaya pemeliharaan itu ditanggung APBD untuk itu saya minta dari teman teman yang ada dibrigade ini bisa menjaga alat alat ini dengan baik,” harapnya.

Selain melihat kondisi alat-alat penunjang pertanian, Staf Ahli Kemenaker itu juga ingin memastikan langsung peminjaman Alsintan tersebut bukan hanya untuk kelompok tani tertentu. Beberapa kali ia menerima laporan, bahwa alat pertanian dipinjamkan hanya kepada orang-orang tertentu.

“Tapi saya lihat sepintas di buku peminjaman tadi ada yang dari Bone Bolango, Pohuwato Kabupaten Gorontalo dan Gorut dan masa peminjamannya pun tidak ada yang lama. Berarti laporannya tidak benar. Tapi tolong bu kabid diingat alat ini dipinjamkan jangan hanya orang-orang atau kelompok tani tertentu,” tegas Ismail.

Saat ini, ketersediaan alsintan di brigade alsintan Provinsi Gorontalo yang diadakan sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2023 berjumlah 1.688 unit, yang terdiri dari 886 unit alat pra panen dan 802 unit alat pasca panen.(Azis).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.