![](https://tilongkabilanews.id/wp-content/uploads/2024/12/Peluncuran-Harbolnas2024.jpg)
Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2024 yang merupakan penyelenggarannya yang ke 13 dan digelar selama 7 hari mulai 10 sampai 16 Desember 2024 di luncurkan di Jakarta,Jumat(6/12/2024)
JAKARTA(Tilongkabilanews.id) –Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) berkolaborasi dengan pemerintah menggelar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun ini selama 7 hari mulai 10 sampai 16 Desember 2024. Harbolnas tahun ini merupakan yang ke 13 dengan waktu pelaksanaannya selama 7 hari, sehingga penyelenggarannya Hari Belanja Online di tahun 2024 menjadi lebih istimewa,
Pelaksanaan Harbolnas tahun ini yang lebih panjang tersebut, idEA dan pemerintah menargetkan nilai transkasi belanjanya diharapkan dapat mencapai Rp 40 triliun atau naik 60 persen dari nilai transaksi tahun 2013 yang mencapai Rp 25,7 trilliun.
Hal itu disampaikan Ketua Umum idEA, Hilmi Adrianto pada Peluncuran Harbolnas 2024, di Jakarta,Jumat( 6 /12/ 2024).
‘’Tujuan digelarnya Harbolnas itu sendiri dalam rangka mendorong daya beli masyarakat dan meningkatkan UMKM melalui peningkatan penjualan produk dalam negeri,’’kata Hilmi
Hilmi menambahkan, penyelenggaraan Harbolnas 2024 tidak hanya akan menyediakan promo harga menarik bagi konsumen yang diberikan oleh platform e-commerce, tetapi juga memberikan kesempatan besar bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan dan mempromosikan produk lokal. Harapannya penyelenggaraan Harbolnas dapat meningkatkan penjualan produk dalam negeri.
Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimis, Harbolnas dapat mendorong peningkatan pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal IV tahun 2024.
‘’Selain Harbolnas, pemerintah melalui berbagai Kementerian seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian UKM, Kementerian Komunikasi dan Digital, dan Kementerian Pariwisata akan berkolaborasi untuk mendongkrak pertumbuhan konsumsi melalui berbagai kegiatan seperti Belanja di Indonesia Aja (BINA) yang diinisiasi oleh HIPPINDO dan EPIC (everything is cheap) Sale yang diselenggarakan oleh para peritel,’’ujar Airlangga.
Hal yang sama disampaikan oleh Menteri Perdagangan(Mendag), Budi Santoso, pemerintah ingin mendorong momentum penjualan produk-produk UMKM melalui Harbolnas 2024.
‘’Untuk itu, tanggal 10 – 11 dan 13 – 16 Desember 2024 diperuntukan untuk penjualan produk dalam negeri. Hal ini untuk mendorong nilai transkasi produk lokal pada gelaran Harbolnas 2024,’’ pungkas Mendag Budi. (Lili)