Nelson Katakan Produksi Jagung di Gorontalo Alami Peningkatan Luar Biasa

 Ekonomi

 

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bersama Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat melakukan panen jagung bersama, di Desa Ombulo, Kecamatan Limboto. Senin, (13/6/22).

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) –Produksi jagung di Gorontalo mengalami peningkatan yang luar biasa. Buktinya ketika di era kepemimpimam Fadel Muhammad sebagai Gubernur Gorontalo, produksi jagung di Provinsi Gorontalo hanya 400 ribu ton per tahun. Namun sekarang ini, produksi jagung di provinsi hasil pemekaran dari Sulawesi Utara ini mencapai 1,8 juta ton per tahun.

‘’Tingginya peningkatan produksi jagung ini tentunya berkat semangat para petani dalam meningkatkan usaha budidaya komoditi jagung. Karena itu, saya sebagai Bupati Gorontalo bertekad untuk mendorong sektor pertanian agar lebih maju,’’ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo usai panen  raya jagung bersama Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer di Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat (Limbar), Senin (13/6/2022).

Nelson mengatakan lebih lanjut terkait tingginya produksi jagung tersebut, menunjukkan Gorontalo sudah sukses dalam upaya meningkatkan produksi komoditi jagung tersebut.

Untuk itu, ucap Nelson, pihaknya pun akan mendorong industri, apakah industri pakan ternak atau industri  terkait lain yang memanfaatkan bahan baku jagung agar menyerap jagung hasil panen dari petani. Perlu diketahui, di Kabupaten Gorontalo sendiri saat ini sudah terdapat 12 silo penampung jagung.

‘’Bahkan jagung di Gorontalo ini sudah tembus pasar ekspor, sehingga bisa diandalkan untuk meningkatkan kesejateran petani jagung itu sendiri,’’tutur  dia.

Pada kesempatan itu, Nelson menyampaikan, pihaknya tidak hanya menaruh perhatikan mengembangkan atau meningkatkan produksi jagung saja, tetapi komoditi unggulan lain, yaitu  melalui pengembangan perkebunan kelapa di Gorontalo.

Bahkan sebagai Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Kelapa Seluruh Indonesia, Nelson pun pun bertekad mendorong peningkatkan produksi kelapa ini dengan baik.

Pada agenda panen raya jagung itu, Nelson Pomalingo selaku Ketua Kopek (Kepala Daerah Penghasil Kelapa) telah melaporkan kepada Penjagub Gorontalo Hamka Hendra Noer, pihaknya akan menggelar agenda besar, penanaman kelap  di IKN pada 29 Juni 2022 nanti. (Sulduk).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.