Nelson Katakan Peringatan WCD Jadi Momentum Positif untuk Jalin Kolaborasi Bisnis Pengembangan Perkelapaan

 Ekonomi

 

Internasional Coconut Conference dan Temu Business” Dalam Rangka “World Coconut Day 2023

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan peringatan Hari Kelapa Dunia atau WCD (World Coconut Day) dapat menjadi momentum awal untuk menjalin berbagai kolaborasi bisnis yang serius dan berdampak positif bagi pengembangan perkelapaan nasional. Hal itu tenytnya harus sejalan dengan komitmen pemerintah daerah untuk mendorong pembangunan yang lestari dan berkelanjutan.

Pernyataan itu disampai Nelson saat membuka Internasional Coconut Conference dan Temu Business” Dalam Rangka “World Coconut Day 2023” Sabtu (23/9) di Gedung Kasmat Lahay. Adapun peringatan Hari Kelapa Dunia itu sendiri digelar selama lima hari mulai 21 hingga 25 September dengan menampilkan berbagai kegiatan.

‘’Dengan mempromosikan rantai nilai dari komoditi kelapa yang berkelanjutan, World Coconut Day bertujuan untuk meningkatkan akses pasar. Selain itu juga membangun kepercayaan konsumen dan memastikan keberlanjutan sosial, lingkungan dan ekonomi lestari dari industri kelapa,’’kata Nelson

Kehadiran seluruh lapisan penggerak industri kelapa dalam event WCD ini kata Bupati merupakan bukti komitmen bersama untuk memanfaatkan potensi sesungguhnya dari industri kelapa. Harapannya agar masyarakat selalu menjaga dengan baik pohon kelapa.

 “Saya kira bisa kita lihat dari sisi ekonomi, dari sisi ekologi, dan juga dari sisi estetika kelapa adalah pohon kehidupan tersebut,” ucap Nelson.

Pada kesempatan itu,Bupati Gorontalo dua priode itu mengajak masyarakat untuk membudayakan air kelapa menjadi minuman rutin, karena baik untuk kesehatan tubuh. Menurutnya, jika air terbaik pertama di dunia adalah air zam-zam, maka terbaik kedua adalah air kelapa.

“Air kelapa tidak punya virus dan bakteri karena sangat steril. Karena itu saya mengajak semuanya untuk memelihara pohon kelapa dengan baik. Alasannya pohon kelapa itu banyak manfaat mulai dari daun hingga akar,” tutur Nelson.

Kegiatan itu turut dihadiri Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Direktur International Coconut Commnuty serta para pebisnis dan pengusaha kelapa dari berbagai negara yang tergabung dalam International Coconut Commnuty.(Rg).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.