Nelson Akui Bangga Event FPDL Masuk ke Dalam Daftar Program 100 KEN Kemenparekraf

 Ekonomi

 

Pembukaan FPDL(Festival Pesona Danau Limboto) Tahun 2023 yang berlokasi di Pentadio Resort Pesisir Danau Limboto, Kabupaten Gorontalo

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id)– Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengaku bangga kalau kegiatan Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo masuk ke dalam daftar program 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) yang didukung oleh Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Kita patut bangga kegiatan FPDL ini masuk ke dalam 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf RI. Pemkab Gorontalo  sendiri melaksanakan kegiatan FPDL ini 13 kali,” ujar Bupati Nelson saat membuka secara resmi Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) tahun 2023  yang dipusatkan di Pentadio Resort Kawasan Danau Limboto, Kecamatan Telaga Biru, baru-baru ini.

Lebih lanjut Nelson menjelaskan, kegiatan FPDL ini sudah dilaksanakan  sejak  tahun 2011 hingga 2015 berskala lokal dan  2016 hingga -2020 berskala nasional. Adpun mulai tahun 2021- hingga 2023, Pemkab Gorontalo mendorong event tersebut menjadi skala internasional.

Pada kesempatan itu Bupati Gorontalo dua priode menjelaskan alasan digelarnya event FPDL ini dengan tujuan  melestarikan Danau Limboto secara ekologi.

‘Selain itu tujuan lain digelar event FPDL ini, yaitu untuk mendorong pengembangan Geopark itu sendiri dan ini telah dikerjasamakan dengan UNESCO,’’tutur mantan Rektor UNG (Universitas Negeri Gorontalo).

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat memberikan sambutan pada pembukaan event FPDL Tahun 2023

Manfaat lain dari adanya event FPDL, ucap Nelson, yaitu untuk mendorong adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gorontalo.Cara meningkatkan ekonomi yang dapat dilakukan ini melalui berbagai kegiatan. Ddiantaranya seperti penyelenggaraan pameran UMKM, karnaval budaya, festival kuliner, Gemilang Fun Run, lomba dayung dan sebagainya.

Menurut Nelson, terlaksana event FPDL  ini karena adanya dukungan dari berbagai sponsor. Karena itu,pihaknya tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang telah menetapkan FPDL Kabupaten Gorontalo menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN).

Nelson berharap  event FPDL 2023  yang berlangsung sejak tanggal 16-21 Juni 2023 dapat menyedot pengunjung sebanyak 150 ribu orang. Karena itu setiap hari ditargetkan jumlah pengunjung yang datang ke lokasi FPDL di Pentadio Resort itu sebanyak 20 ribu untuk menikmati sajian – sajian kegiatan. (Rg).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.