Dirut BULOG Tegaskan Kualitas Beras SPHP Bagus

 Ekonomi

 

Direktur Utama Perum BULOG, Budi Wasso ketika memberikan keterangan pers kepada wartawan seputar kualitas Beras SPHP, impor beras sebanyak dari China sebanyak 1 juta ton dan pengungkapan mafia beras yang telah ditangkap Polda Bante, di Kantor Perum BULOG, Rabu (18/10/2023).

JAKARTA (Tilongkabilanews.id)- Direktur Utama Perum BULOG, Budi Wasso dengan tegas menyatakan kualitas Beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) yang didistribusikan BULOG berkualitas bagus. Karena itu, masyarakat jangan takut dan khawatir akan kualitas Beras SPHP.

Pernyataan tegas itu disampaikan Budi Waseso kepada wartawan usai menyerahkan penghargaan kepada Polda Banten yang berhasil mengungkap dan menangkap tersangka mafia beras di Serang Banten, di Kantor Pusat Perum BULOG, Rabu (18/10/2023).

‘’ Beras SPHP yang didistribusikan  BULOG sampai sekarang ini, saya belum mendengar adanya masyarakat yang mengeluhkan terkait kualitas jelek. Buktinya masyarakat di seluruh daerah menyambut baik atas keberadaan Beras SPHP itu. Salah satunya masyarakat di Papua, mereka mengaku senang bisa mendapatkan beras BULOG berkualitas,’’ujar Budi Waseso.

Lanjut Budi Waseso, jika memang ditemukan adanya Beras SPHP yang kualitasnya kurang bagus, tolong buktikan dan sampaikan ke BULOG. Maksudnya masyarakat atau pihak lainya jangan asal bicara atau fitnah yang seolah-olah Beras SPHP yang didistribusikan BULOG itu kalitasnya kurang  bagus.

‘’Hati-hati jangan asal bicara atau fitnah dengan menyebarkan isu miring terkait beras  SPHP yang didistribusikan BULOG tidak bagus, karena konsekuensinya berurusan dengan persoalan hukum,’’tegas Budi Waseso.

Kata Budi Waseso, semua beras milik BULOG, baik yang berasal melalui pengadaan dari dalam negeri maupun impor, sebelum didistribusikan kepada masyarakat terlebih dahulu harus diproses seleksi secara ketat, terutama berhubungan dengan kualitas.

BULOG Tenang

Pada kesempatan itu, Budi Waseso menyampaikan pihak manajemen BULOG sekarang ini merasa lega, sehubungan kesiapan China untuk mengirim 1 juta ton beras ke Indonesia.

‘’Kesiapan China mau kirim 1 juta ton beras untuk Indonesia, setelah ada pembicaraan antara Pak Presiden Joko Widodo dengan Presiden China, Xi Jinping dan melakukan penandatanganan perjanjian diantara kedua belah pihak.Adanya kepastian bantuan dari China itu,  stok beras Indonesia lebih aman,’’ucap Budi Waseso.
Dirut BULOG mantan Kepala BNN ini menyebutkan China sudah dipastikan mau kirim berasnya ke Indonesia. Tapi dengan situasi sekarang, pengiriman berasnya agar dilakukan nanti saja.

Buwas menjabarkan pemerintah memiliki stok beras hingga 1,6 juta ton beras saat ini. Pada akhir tahun proyeksi stok beras ada di angka 800 ribu ton, berkurang karena adanya bantuan pangan pemerintah hingga program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Namun, angka tersebut merupakan stok tanpa adanya impor.
Bulog pun akhirnya diperintah untuk menambah stok impor beras 1,5 juta ton. Namun diperkirakan yang bakal tiba di akhir tahun ini sebesar 500 ribu ton. Sehingga total stok beras mencapai 1,3 juta ton. (Lili).

banner 468x60

Author: 

Related Posts