Di Tahun 2023, Penjagub Hamka Prioritaskan untuk Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Gorontalo

 Ekonomi

 

Penjabat Gubernur saat berdiskusi bersama masyarakat warung kopi Pinogo, Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (5/1/2023). (Foto : Roman)

KABGOR(Tilongkabilanews.id)–Membangkitkan ekonomi masyarakat lokal di tahun 2023 ini menjadi program prioritas bagi Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer. Hal itu disampaikan dalam diskusi bersama masyarakat warung kopi Pinogo, Limboto, Kabupaten Gorontalo, baru-baru ini.

‘’Membangkitkan ekonomi masyarakat lokal, yaitu ekonomi masyarakat Gorontalo ini sesuai yang dipesankan Pak Presiden Jokowi yang menugaskan saya melalui Kementerian Dalam Negeri. Saya ditugaskan Pak Presiden Jokowi ini selain untuk melakukan penanganan Covid 19, juga ditugaskan membangkit ekonomi masyarakat’’ujar Hamka.

Untuk menggerakan ekonomi lokal ini, kata Hamka tidak bisa hanya berdiam diri di Gorontalo, melainkan harus membawa investor ke Gorontalo, dan harus membuat sebuah gebrakan kegiatan yang sifatnya nasional di Gorontalo.

Inilah yang menjadi keinginan Hamka di tahun 2023, untuk menyelenggarakan Asian Mini Football di Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan itu pun Hamka pun menyampaikan hal lain yang menjadi perhatiannya, yaitu mengembangkan sektor pertanian. Diketahui masyarakat Gorontalo sebagian besar adalah petani, karena itu Hamka pun ingin alat pertanian (Alsinstan) di Gorontalo semakin lengkap.

Beberapa waktu yang lalu bersama Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, Hamka mengunjungi Brigade Alsintan milik Dinas Pertanian. Berkat kunjungan tersebut, DPRD akan mengusulkan Brigade Alsintan menjadi UPTD dan menambahkan anggaran untuk melengkapi alsintan

“Kemudian dibidang perikanan kita juga punya potensi. Kami mengadakan beberapa kapal GT yang kita serahkan ke kelompok nelayan. Kita juga menyerahkan motor coolbox untuk menaikkan omset penjual ikan,” jelasnya

“Kami di tahun 2023 ini harus bisa membangkitkan ekonomi lokal usai pandemi ini. Saya katakan yang tadi adalah sebagian program yang harus bisa menyentuh langsung masyarakat. Nanti kami juga akan meningkatkan kualitas karawo yang memang adalah ciri khas kita. Sektor pariwisata juga harus bisa bangkit. Beberapa kali juga kami mendatangkan para investor. Selebihnya kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat semua untuk Gorontalo unggul,” tambahnya.

Dialog ini juga diisi dengan sesi diskusi hangat antara Hamka dengan masyarakat warung kopi. Turut hadir dalam dialog perwakilan anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Ketua PMI Provinsi Gorontalo, unsur akademisi dan para mahasiswa.(zis)

 

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.