
Logo Perum Bulog yang baru. Peluncuran logo tersebut dilaksanakan, Rabu (22/5/2024) di Balai Kartini Jakarta, dan dihadiri dihadiri Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi, serta para karyawan Perum Bulog.
JAKARTA (Tilongkabilanews.id)- Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Perum Bulog ke 57, BUMN dibidang pangan tersebut resmi meluncurkan logo baru. Peluncurkan logo baru tersebut dilaksanakan di Balai Kartini Jakarta, Rabu (22/5/2024) dan dihadiri Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi, serta para karyawan Perum Bulog.
Kegiatan peluncuran logo baru ini, Perum Bulog mengedepankan Rebranding dan transformasi perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia.
‘’Saya mendorong Perum Bulog agar mampu mengembangkan kapabilitasnya melalui ambidextrous transformation dalam bisnis yang memiliki potensi besar di bidang PSO dan Komersial, yang berfokus pada proses digitalisasi, diversifikasi, dan hilirisasi produk,.’’ujar Kartika Wirjoatomodjo dalam sambutannya.
Kartika melanjutkan, sehingga kedepannya Bulog mampu menjadi pemimpin supply chain pangan terpercaya di Indonesia yang memberikan pelayanan unggul, menjaga availability, affordability dan quality demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.
“Representasi visi Bulog harus bisa diciptakan dengan membangun jejaring dan kemitraan yang tepat untuk mendorong pertumbuhan perusahaan yang lebih tangguh dan lincah menghadapi tantangan, melalui kepercayaan (trust), kepemimpinan (food supply chain leader), pelayanan terbaik (excellent services), dan kesejahteraan masyarakat (society welfare). Kami percaya, dengan semangat “delivering goodness”, Bulog akan terus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Teruslah menjadi simbol kepercayaan dan kualitas dalam setiap butiran padi dan produk pangan yang disalurkan.”, ujar Wakil Menteri BUMN .
Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menjelaskan, peluncuran logo tersebut merupakan bagian transformasi perusahaan untuk menjadikan Bulog sebagai perusahaan yang lebih modern dan kompetitif. Selain peluncuran logo, Bulog juga menginvestasikan sumber daya yang signifikan dalam digitalisasi teknologi serta penguatan budaya perusahaan untuk membangun budaya perusahaan yang lebih kolaboratif dan inovatif.
“Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, persaingan bisnis yang memiliki karakter akselerasi perubahan yang cepat dan berlangsung secara terus-menerus menjadi tantangan tersendiri bagi keberlangsungan perusahaan. Untuk itu, transformasi ini menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa Bulog tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Kami berkomitmen untuk memberikan manfaat dan nilai lebih bagi masyarakat Indonesia”, jelas Bayu.
Adapun mengenai proses tranformasi ini, lanjut Bayu merupakan langkah strategis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan guna memastikan pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan. Menurutnya, saat ini Bulog berkomitmen menjalankan apa yang sudah direncanakan dalam corporate plan sebagai langkah awal untuk mencapai keberhasilan yang bersifat jangka panjang.
“Saat ini kami telah menerapkan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) 2024-2029 sebagai acuan jangka panjang perusahaan dalam rangka mencapai visi perusahaan dengan baik serta sebagai pedoman evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan. Perencanaan yang disusun secara fokus, jelas, dan konkrit akan memberikan motivasi tambahan untuk mencapai keberhasilan perusahaan.” tuturnya.
Mengenai logo perusahaan yang baru, Bayu menuturkan, ini merupakan bagian dari perjalanan perusahaan karena mencerminkan evolusi identitas perusahaan terhadap inovasi dan kualitas yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan. Dirinya juga menekankan, logo perusahaan yang baru memiliki design yang lebih modern untuk memberikan sentuhan yang dinamis dan adaptif sesuai perkembangan zaman.
“Logo Bulog yang baru ini tidak hanya sekedar perubahan visual saja, tetapi juga representasi dari visi dan misi perusahaan dimana Bulog sebagai korporasi memiliki keinginan untuk memberikan perubahan yang lebih baik. Logo ini juga mencerminkanan siapa kami hari ini dan juga proyeksi kami di masa depan, kami bermaksud memperkuat eksistensi dan dedikasi Bulog di masyarakat”, pungkas Bayu. (Lili).