Tindaklanjuti Arahan Menteri, Penjagub Hamka Gelar Rapim dengan Pimpinan OPD

 Daerah

 

Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer didampingi Sekdaprov Darda Daraba saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo, Senin (27/6/2022).Rapat ini untuk menindak lanjuti arahan sejumlah Menteri kepada Hamka beberapa waktu lalu di Jakarta. (Foto – Salman)

GORONTALO (Tilongkabilanews.id)– Sejumlah Menteri, pimpinan KPK, Kapolri serta pejabat negara lainnya beberapa waktu lalu di Jakarta melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh Penjabat Kepala Daerah se Indonesia, termasuk Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer. Untuk menindak lanjuti hasil Rakor di Jakarta tersebut, Penjagub Hamka pun menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo, Senin (27/6/2022)..

Hamka menyampaikan kembali satu per satu arahan dari Menteri yang di awali dari Menko Polhukam Mahfud MD mengnai perlu kewaspadaan berkembangnya Politik Identitas yang mengarah kepada SARA dalam Pemilu Serentak 2024 nanti.

‘’Berkembangnya politik identitas yang mengarah kepada SARA akan berdampak kepada masyarakat seperti terkotak-kotak bahkan dapat terpecah belah sehingga membahayakan keutuhan NKRI,’’ucap Hamka menirukan perkataan Mahfud MD.

Kata Hamka, Mahfud MD berpesan agar pemerintah daerah diharapkan mampu mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemic covid19.

‘’Hal ini harus menjadi perhatian penting seluruh jajaran pemerintahan di daerah,’tutur Hamka.

Lanjut Hamka, lagi yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian. Mendagri meminta penjabat kepala daerah menjadi role model sosok kepala daerah dalam memanfaatkan kepercayaan dan menjalankan program pemerintahan yang baik di daerahnya.

‘’Karena kami ini kan bukan dipilih rakyat, jadi tidak ada biaya politik, ini yang harus dimafaatkan oleh kami para penjabat kepala daerah momentum untuk mengukir prestasi dalam mengembangkan karier. Ini kenapa saya katakan kepada ibu bapak mohon saya dibantu,” kata Hamka

Penjagub menegaskan sebagai tindak lanjut arahan-arahan Menteri dan sejumlah pejabat negara ini mohon untuk menjadi perhatian semua pimpinan OPD. Terlebih terkait evaluasi penanganan Covid-19 secara terintegrasi dari seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo yang didasarkan pada empat indikator yang juga disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri.

“Evaluasi terhadap pelaksanaan vaksinasi yang kembali berjalan, agar tetap kita fokuskan pada capaian vaksinasi, khususnya untuk dosis II dan Booster. Juga yang disampaikan oleh Ketua KPK Firli Bahuri yaitu menjamin kepastian kemudahan investasi dan perizinan berusaha. Ini juga yang sering diingatkan oleh pak Presiden, kita jangan mempersulit para investor di daerah, pengurusan izinnya dipermudah. Tolong ini kita terapkan,” tegas Penjagub

Hal – hal lainnya yang diingatkan Penjagub adalah langkah strategis penguatan ketahanan pangan di daerah termasuk ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan serta keamanan dan kualitas pangan.

Orang nomor satu di Gorontalo ini meminta semua OPD menyalin semua arahan ini dan harus sudah bisa disinkronkan dengan program kerja terkait di masing – masing dinas.

Rakor yang berlangsung di ruang rapat Rumah Dinas Gubernur ini dihadiri 34 pimpinan OPD, Sekdaprov Gorontalo, para asisten serta staf ahli gubernur.(Azis).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.