Temasuk kekayaan Suatu Daerah, Seni dan Budaya Gorontalo Patut Dilestarikan

 Daerah

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka Gerakan Seni Masuk Sekolah,(GSMS), Rabu (13/9/2022) di pelataran Taman Pakaya Tower, Limboto

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id)– Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Gorontalo terus mendorong pelestarian seni dan budaya daerah,khususnya Seni Budaya Gorontalo. Pelestarian  seni dan budaya daerah ini harus terus dipertahankan dan ditumbuh kembangkan di sekolah-sekolah melalui peserta anak didik.

‘’Alasan Pemkab mendorong pelestarian  seni dan budaya daerah,karena kebudayaan dan seni itu termasuk kekayaan yang dimliki suatu daerah atau negara dengan keunikannya tersendiri,’’ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka Gerakan Seni Masuk Sekolah,(GSMS), Rabu (13/9/2022) di pelataran Taman Pakaya Tower, Limboto.

Lanjut Nelson seni dan budaya di Indonesia sangat beragam. Misalnya Seni dan Budaya Batak dan Gorontalo tentunya berbeda, demikian pula dengan pula dengan daerah lain.

‘’Perlu diketahui kebudayaan  itu adalah kekayaan, bahkan jatidiri suatu daerah atau bangsa, sehingga perlu dilestarikan,” ucap  Bupati Nelson.

Nelson mengemukakan, sejak awal  memimpin Kabupaten Gorontalo, dia dalam  membangun daerah tersebut melalui tiga pilar.Pertama, menggunakan ilmu, kedua budaya dan ketiga adalah agama.

“Mudah-mudahan dengan begitu pembangunan di Kabupaten Gorontalo ini secara terpadu dan konfrensif apa yang kita lakukan dengan baik,”imbuh Bupati Gorontalo dua priode membeberkan.

Pada kesempatan itu Nelson mengungkapkan mengenai pembangunan Taman Budaya yang merupakan bagian dari ornament budaya di Gorontlo itu sendiri. Hal itu dilakukan Pemkab Gorontalo dalam rangka membangun kebudayaan di daerahnya sendiri. Bahkan tambah Nelson,Pemkab Gorontalo pun mendorong wisata, budaya, membangundesa budaya.

‘’Pelestarian budaya ini termasuk Kebudayaan Taton (Jawa Tondano). Kedepannnya nanti berbagai kebudayaan yang ada di Gorontalo akan diperhatikan untuk dilestarikan,’’kata Nelson.

Nelson mengatakan, pada pelaksaaan FPDL pada November nanti ada pagelaran karnaval budaya dengan menampilkan berbagai budaya yang ada di daerah ini.

Dia menambahkan, berkembangnya kebudayaan juga dapat menumbuhkan ekonomi serta beberapa hal termasuk pelayanan bagi masyarakat di daerah. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya membangun jati diri. Termasuk bicara seni adalah keindahan, seni itu terkait dengan karakter seseorang.

‘’Bagi orang yang mempunya jiwa seni, tentunya akan memiliki pengendalaian emosi yang baik. Untuk itu, pengembangan seni akan terus didoorng  oleh Pemkab Gorontalo,’’pungkas Nelson.(Sulduk).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.