Renovasi Anjungan Gorontalo di TMII, Pemprov Gorontalo Anggarkan Rp 200 Juta

 Daerah

 

Penjagub Hamka didampingi Sekdaprov dan beberapa tokoh adat dan tokoh masyarakat Gorontalo saat meninjau anjungan provinsi Gorontalo yang terletak kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Foto – Zakir BPG

JAKARTA(Tilongkailanews.id)–Dalam rangka menyambut digelarnya Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Oktober 2022, Pemerintah Provinsi Gorontalo memanfaatkan moment tersebut untuk merenovasi Anjungan Gorontalo yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

‘’Penyelenggaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 itu sendiri akan digelar di dua daerah, yaitu Bali dan Jakarta, tepatnya di Taman Mini. Terkait moment penyelenggaraan KTT G-20 ini, kita manfaatkan untuk merenovasi Anjungan Gorontalo yang ada di kawasan TMII ini,’’ujar Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer ketika meninjau langsung Anjungan Gorontalo di TMII, akhir pekan.

Lanjut Hamka, Anjungan Gorontalo ini memang mesti direnovasi, karena fasiltas yang tersedia di anjungan tersebut sudah lama. Hamka mengemukakan,untuk merenovasi anjungan tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan membantu anggaran sebesarRp 200 juta Rencananya,renovasi itu akan dilakukan dibagian belakang,sehinga tampak luas.Selain itu juga bagian bawah akan dibuatkan aula.

Hamka menilai ini ide terbaik, karena selain mencerminkan seni dan budaya Gorontalo, anjungan ini juga harus berguna bagi masyarakat Gorontalo yang merantau atau sedang studi di Jakarta.

“Keberadaan anjungan ini, bukan saja untuk memamerkan seni dan budaya, tapi bisa digunakan oleh masyarakat Gorontalo atau anak muda Gorontalo yang punya minat di kesenian, bisa berdiskusi atau membutuhkan fasilitas umum untuk rapat dan segala macam, jadi aula ini bisa difungsikan. Jadi bukan hanya sekedar pajangan harus ada aktivitasnya karena ini kan aset pemprov,” jelasnya

Anjungan Gorontalo sendiri menampilkan bangunan berarsitektur rumah adat Ma’lihe, Berartio Mahligai yang dianggap mewakili rumah adat Gorontalo. Ruangan bagian depan rumah terdapat pelaminan (puade). Selain itu, terdapat dua pasang pakaian pengantin Gorontalo, yang digunakan saat pernikahan.

Untuk bagian kamar di dalam rumah sendiri terdapat tempat tidur pengantin dan berbagai benda budaya yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Gorontalo. Di halaman anjungan sendiri dilengkapi dengan sepasang patung penari Saronde.

Kunjungan Hamka ke TMII didampingi Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba, Kepala Badan Penghung Gorontalo di Jakarta Albert Panigoro serta beberapa tokoh adat Gorontalo di Jakarta.(Azis).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.