Program Recak Digital Pemprov Gorontalo Jadi Salah Stu Lokus Survei Literasi Nasional yang Digelar BRIN

 Daerah

 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo Rifli Katili saat menerima kunjungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di ruang kerjanya,.Selasa (4/6/2024). (Foto : Mila).

BONEBOL(Tilongkabilanews.id) – Kegiatan Remaja Cakap Digital (Recak Digital), salah satu program unggulan Dinas Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi menjadi lokus Survei Literasi Nasional yang digelar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Provinsi Gorontalo.

Program literasi yang menyasar anak-anak SMA/SMK sederajat itu sendiri sudah bergulir sejak tahun 2021 lalu.

“Kunjungan kami dari BRIN ini dalam rangka survei gerakan literasi nasional. Kami juga berkunjung ke OPD juga satuan pendidikan untuk melihat bagaimana gerakan literasi itu sudah dilakukan di Provinsi Gorontalo,” ujar Sabar ketika melakukan kunjungan ke kantor Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo, Selasa(4/6/2024).

Menurut Sabar, program Recak Digital yang diiniasi dan dikembangkan Dinas  Kominfo dan Stastik Pemprov Gorontalo, sangat baik untuk memberikan edukasi kepada siswa agar bijak bermedia sosial. Karena itu program Recak Digital  diharapkan semakin meluas dengan menyasar warga masyarakat secara umum.

“Misalnya hoax yang masih sering beredar di masyarakat, maraknya judi online, bahayanya pinjaman online. Ini harus diberikan edukasi kepada masyarakat.Misalnya lewat sosialisasi atau program infromal yang bisa dibuat oleh Diskominfotik Gorontalo,” tutur Sabar.

Di tempat yang sama, Kadis Kominfotik Rifli Katili menyambut baik kehadiran BRIN. Ia bersyukur program Recak Digital menjadi salah satu program yang menjadi atensi dari pemerintah pusat

“Ini menunjukkan upaya kami selama ini mendapatkan dukungan dari pusat khususnya dari BRIN. Harapan beliau agar program Recak Digital ini semakin luas akan kita upayakan. Mudah mudahan tahun depan bisa kita laksanakan,” kata Rifli.

Survei Gerakan Literasi Nasional di Provinsi Gorontalo akan berlangsung selama lima hari mulai  3 hingga 7 Juni 2024. Selain Dikominfotik, BRIN juga akan mengunjungi OPD lainnya seperti Bapppeda, Dinas Pendidikan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, dan satuan pendidikan. (Azis).

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts