Pemkab Gorontalo Tingkatkan Minat Baca di Kalangan Siswa SD/MI Melalui Lomba Bertutur

 Daerah

 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kabupaten Grontalo Nawir Tondako saat membuka secara resmi kegiatan lomba membaca dan bertutur bagi siswa-siswi SD/MI yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, pada Selasa (11/6/2024)

LIMBOTO(Tilongkabilanews.id) –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terus berupaya meningkatkan minat baca dikalangan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adapun upaya meningkatkan minat baca tersebut, salah satunya melalui kegiatan lomba baca dan bertutur dengan baik dan benar.

Terkait upaya meningkatkan minat baca itu, Pemkab Gorontalo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, pada Selasa (11/6/2024) menggelar lomba bertutur bagi siswa siswi Sekolah Dasar (SD)/ Madsrasah Ibtidaiyah (MI) dan dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kabupaten Grontalo Nawir Tondako.

‘’Kegiatan lomba  bertutur ini  dilakukan secara rutin setiap tahun. Kegiatan lomba seperti ini termasuk dalam program nasional, sehingga secara berjenjang kejuaraan dilakukan dari tingkat Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi serta nasional,’’ ujar Nawir.

lanjut Nawir  tujuan digelarnya lomba ini dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan minat baca bagi anak – anak atau siswa –siswi SD maupun MI.

Nawir mengungkapkan indeks pembangunan literasi di Kabupaten Gorontalo masih rendah, baik secara nasional termasuk di tingkat Provinsi.

 “Oleh karena itu penyelenggaraan lomba bertutur ini menjadi tantangan bagi Dinas Perpustakaan untuk menggalakkan kegiatan  bagaimana mendorong minat baca  di kalangan anak-anak,” tutur Nawir.

Dia mengharapkan dengan lomba ini akan ada outputnya, dimana perpustakaan suatu saat akan ramai dengan orang datang untuk membaca dan nantinya menunjukkan  output program ini benar benar ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

“Apalagi saya melihat yang dilombakan ini cerita -cerita layak, berarti ada kegiatan yang bersifat pelestarian nilai budaya. Bahkan tadi ada cerita sang deklarator, juga ada cerita berkembang di rakyat,” tambahnya 

Nawir menambahkan,dengan lomba ini,diharapkan dapat menumbuhkan minat baca, sehingga indeks pembangunan literasi di Kabupaten Gorontalo akan meningkat. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipa Kabupaten Gorontalo, Doni Lahati mengatakan, lomba bertutur ini guna melahirkan budaya terutama pada anak-anak tingkat SD/MI.

‘’Kegiatan lomba  baca dan bertutur ini akan diadakan selama tiga hari,’ucap Doni/

Doni menjelaskan literasi itu sangat berkolerasi terhadap penurunan kemiskinan, derajat kesehatan masyarakat stunting dan sebagainya.

“Dengan adanya kegiatan pembangunan dibidang literasi ini merupakan hal yang sangat strategis dengan melakukan berbagai program dan kegiatan di Kabupaten Gorontalo,” tandasnya.(Rg)

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts