Lomba Perpustakaan yang Digelar Dinas Arpus Diharapkan dapat Tingkatkan SDM di Gorontalo

 Daerah

 

Penjabat Sekda Syukri Botutihe menyerahkan hadia kepada Perpustakaan Eysendring SMA Negeri 1 Kota Gorontalo yang keluar sebagai juara lomba perpustakaan tingkat SMA/MA/SMK se Gorontalo di GrandQ Hotel, pada Jum’at (5/5/2023). (Foto: VIVI – Diskominfotik

GORONTALO(Tilongkabilanews.id)– Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo telah mengadakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo. Adapun pengumuman pemenang lomba perpustakaan tersebut dilaksanakan, di GrandQ Hotel, Jum’at (5/5/2023).

‘’Pelaksanaan lomba perpustakaan tingkat SMA/MA/SMK diharapkan dapat membangun serta meningkatkan sumber daya manusia di daerah, yaitu di Provinsi Gorontalo,’’ujar Penjabat Sekretaris Daerah Syukri Botutihe saat memberikan sambutan pada acara pengumuman pemenang lomba perpustakaan tersebut.

Lanjut Syukri, pihaknya berharap ke depannya kegiatan lomba semacam ini tidak hanya dibuat untuk sekolah tingkat atas saja, tetapi juga dapat dibuatkan untuk sekolah tingkat menengah dan tingkat dasar.

‘’Walaupun nanti itu tidak dilombakan sampai ke tingkat pusat, tetapi yang menjadi tujuan kita adalah bagaimana kita dapat meningkatkan dan membangun SDM yang ada,” ujar Syukri.

Syukri atas nama gubernur dan pemerintah provinsi turut memberikan apresiasi kepada Kadis Arpus atas terlaksananya kegiatan ini. Menurutnya program-program seperti ini patut mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, karena sangat relevan dengan program pemerintah dalam meningkatkan SDM di daerah.

“Pelaksanaan kegiatan ini mendorong sekolah-sekolah untuk memprioritaskan pembangunan perpustakaan serta kegiatan literasi di sekolah, sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan minat baca siswa dan SDM peserta didik kita di daerah juga dapat meningkat” tuturnya

Di akhir, Penjabat Sekda tersebut juga berharap agar pengembangan perpustakaan di Gorontalo terus bertransformasi. Ia mengatakan, perlu dikembangkan serta dipersiapkan hal-hal untuk mendukung literasi yang tidak hanya bersifat konvensional, tetapi juga sampai pada tahapan literasi digital.

“Kalau dari data yang saya lihat indeks literasi dan minat baca anak di provinsi kita ini masih di bawah rata-rata nasional, sehingga ini menjadi PR besar untuk kita semua ke depannya” tutup Syukri.

Lomba perpustakaan sekolah ini telah dimulai pada bulan April 2023 dengan tahapan penilaian yang meliputi pemeriksaan berkas dan visitasi lapangan dan pada hari ini dilaksanakan pengumuman pemenang.

Perpustakaan Eysendring SMA Negeri 1 Kota Gorontalo keluar sebagai juara lomba perpustakaan tersebut. Tempat kedua diraih Perpustakaan MAN I Kota Gorontalo dan posisi ketiga diraih Perpustakaan SMK Negeri I Pulubala Kabupaten Gorontalo.(UCI).

 

 

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Comments are closed.